Cara Guru Didik Siswa SMPN 1 Cilebar Cinta Kebersihan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cara Guru Didik Siswa SMPN 1 Cilebar Cinta Kebersihan

Cara Guru Didik Siswa SMPN 1 Cilebar Cinta Kebersihan

Written By Mang Raka on Kamis, 03 November 2016 | 14.00.00

CILEBAR, RAKA - Membangun kesadaran siswa melalui lomba kebersihan dan penataan kelas yang digagas oleh wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cilebar Umar Fauzi S,Ag cukup efektif. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan yang signifikan dari ruangan kelas yang selalu terlihat rapi dan tertata rapi.
"Awalnya kami prihatin dengan tingkat kesadaran siswa, terutama dalam hal kebersihan. Setelah diadakan lomba ini, Alhamdulillah banyak perubahan yang bagitu mencolok dari siswa," kata dia. Tidak ada hadiah dengan kegiatan perlombaan ini, hanya sebuah penghormatan yang selalu diberikan kepada kelas pemenang setiap upacara bendera berlangsung. Dilengkapi piagam dan piala bergilir. Namun semua itu bisa merubah pola kebersihan siswa, menurutnya saat disambangi Radar Karawang Rabu (2/11).
Perlombaan kebersihan dan penataan kelas ini baru berjalan semester sekarang, tambah Umar Fauzi, namun animo siswa untuk mengkuti perlombaan ini cukup baik. Terlihat dari respon dan semangat siswa yang pernah juga menjadi juara ke-3 dalam lomba kebersihan tingkat kabupaten. "Muncul Kesadaran dari siswa yang lain, mereka saling menasehati untuk membersihkan dan merapikan ruangannya," tambahnya.
Aja Saputra S.Ag guru sekaligus panitia Pengawas Kecamatan Kutawaluya menuturkan, pertama diadakan perlombaan kebersihan ini diadakan pengumuman seminggu sekali, terus 2 minggu sekali, dan akan terus berjalan sampai sebulan sekali. Dengan kriteria yang dinilai ialah kelengkapan alat kebersihan, penataan kelas, sampai dengan foto-foto presiden dan wakilnya. "Kebetulan saya sebagai tim juri dari perlombaan kebersihan ini, sudah 2 kali pengumuman dan berturut-turut di menangkan oleh kelas 8A," ujarnya. (mg3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template