Camat Klari Luncurkan Langkah Jitu Atasi Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Camat Klari Luncurkan Langkah Jitu Atasi Sampah

Camat Klari Luncurkan Langkah Jitu Atasi Sampah

Written By Mang Raka on Kamis, 24 November 2016 | 14.30.00

KLARI, RAKA - Kecamatan Klari tidak hanya padat penduduk tetapi juga dipadati sampah. Upaya menyiasati pun sudah dilakukan guna meminimalisir. Bahkan kemarin (23/11), Camat Klari Mamat Rahmat meluncurkan tiga langkah jitu mengurangi volume sampah di wilayahnya.

Ketiga langkah itu yakni menghimbau kepada warganya untuk mengurangi pemakaian produk yang berkontribusi sampah, pemisahan sampah organik dan nonorganik serta pengelolaan sampah dilakukan disatu tempat. "Sebenarnya saya berharap tiga langkah ini bisa terealisasi, mesti harus secara pelan pelan," ucap camat Mamat. Dia ditanya soal tempat-tempat pembuangan sampah liar di wilayahnya.
Bahkan, menurutnya, dengan menggunakan tiga cara tersebut, hal itu dinilai sangat efektif dalam meminimalisir sampah. "Mengurangi pemakaian produk yang berkontribusi sampah, itu layak dilakukan. Misalnya, tadinya kita minum air saat rapat biasanya dengan air meneral bekas gelas plastiknya dibuang, itu nanti dilakukan dengan satu hingga dua teko saja, dan memakai gelas yang bisa digunakan lagi, salah satu nya seperti itu untuk mengurangi volume sampahnya," ujarnya.
Karena, sambung dia, persoalan sampah merupakan persoalan yang tidak semuanya menanggapi secara serius. Akan tetapi kita ditelisik, berawal dari banyaknya tumpukan sampah tersebut, dapat berpotensi berbagai bencana terjadi. "Saat musim hujan apalagi, tumpukan sampah ini, tidak hanya akan mengundang berbagai macam penyakit, tapi juga akan menyebabkan bencana banjir," katanya.
Maka itu, dalam meminimalisir volume sampah harus terus berinovasi dan jangan berhenti memikirkan ide-ide meski itu idenya sederhana. "Makanya, nanti coba seluruh warga yang ada diwilayah ini, untuk membuat bak pemisahan sampah organik dan non organik, ini bisa menjadi kompos kalau di daur ulang yang organiknya," katanya.
Dia menambahkan, rencana akan diadakannya sebuah rumah kompos diwilayahnya akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Hal tersebut nantinya akan dicantumkan dalam rencana di tahun 2017. Karena dengan adanya rumah kompos, selain dapat menjadi peluang usaha bagi warga nantinya. Hal itu dapat menjadi solusi dalam mengurangi volume sampah diwilayah ini. "Kita nanti coba akan ajukan, untuk diadakannya rumah kompos diwilayah ini," katanya.
Selain itu, dia menegaskan, akan diberlakukannya kewajiban bagi seluruh pengembang perumahan yang berada di wilayah Kecamatan Klari, untuk diadakan rumah kompos. "Nanti juga, seluruh pengembang perumahan yang ada disini, untuk bisa dapat diadakannya tempat sampah khusus, dalam pemisahan sampah organik dan non organik nantinya," ucapnya.
Sementara tokoh pemuda Kosambi, Andri, mengapresiasi rencana tersebut. Menurut dia, program kecamatan tersebut mesti dapat terealiasasi. Karena hal itu tidak hanya akan mengurangi volume sampah tetapi juga meminimalisir berbagai macam penyakit yang ditimbulkan sampah yang membusuk. Selain itu, rencana tersebut akan menjadi terobosan bagi lingkungannya, dimana akan nampak bersih. "Itu bagus, bahkan ini harus bisa terwujud, karena ini bisa menjadi langkah awal, untuk menjadikan wilayah Klari, bersih dari sampah," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template