Cabai Merah Melejit Rp 65 Ribu/Kg - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cabai Merah Melejit Rp 65 Ribu/Kg

Cabai Merah Melejit Rp 65 Ribu/Kg

Written By Mang Raka on Sabtu, 05 November 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Setelah sempat mengalami penurunan, harga cabai merah dan cabai keriting di Pasar Johar, kembali meroket hingga Rp 65 ribu per kilogramnya. Padahal sebelumnya, harga cabai tertinggi sempat diangka Rp 60 ribu per kilogramnya. Penyebab kenaikan harga cabai itu ditengarai karena kondisi cuaca yang kurang mendukung sehingga banyak tanaman cabai yang  gagal panen  serta cabai tersebut cepat membusuk saat dijadikan stok oleh para pedagang.

"Banyak petani cabai yang gagal panen dan kami tidak berani menyetok barang gampang busuk," kata Mukadi (45) pedagang sayur di Pasar Johar, Jumat (4/11).
Sebelumnya, Mukadi harga  cabai merah sempat turun hingga Rp 50 per kilogramnya. Namun, harga tersebut berangsur-angsur naik hingga mencapai Rp 65 ribu per kilogramnya khususnya cabai merah keriting.Akibat kenaikan harga tersebut, banyak pedagang mengurangi jumlah stok  karena khawatir tak terjual dan akhirnya busuk. "Sekarang untungnya juga semakin tipis. Jika sebelumnya untung Rp 4000 per kilogramnya kini hanya setengahnya," ucapnya.
Saat ini, lanjut dia, jumlah cabai yang terjual oleh pedagang di Pasar Johar setiap harinya rata-rata 25 kilogram. Padahal sebelumnya, mencapai diatas 30 kilogram. "Jika  capai sudah agak membusuk, dijual dengan harga diskon hingga 50 persen juga kadang tidak laku," jelasnya.
Mukadi berharap  pemerintah bertindak untuk mengendalikan harga sayur mayur ini. Penjual dan konsumen merasa kewalahan dengan fluktuasi harga dipasar yang semakin tidak karuan. "Biasanya kalau november ini sudah rendah harganya, kemudian Desember mulai agak naik lagi, tetapi tidak tinggi hingga Januari. Lalu normal lagi harganya. Tapi sekarang sejak lebaran, naik harganya gak karuan," ungkapnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template