BLK Unggulkan 7 Bidang Pekerjaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BLK Unggulkan 7 Bidang Pekerjaan

BLK Unggulkan 7 Bidang Pekerjaan

Written By Mang Raka on Selasa, 22 November 2016 | 16.00.00

*Toto Sumarto: Pelatihan Perlu Untuk Menumbuhkan Percaya Diri

KARAWANG, RAKA - Puluhan calon tenaga kerja Karawang mengikuti pelatihan pekerjaan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Dari puluhan bidang pekerjaan yang dikelola ternyata hanya tujuh yang diminati calon tenaga kerja Karawang.

Ketujuh bidang pekerjaan tersebut masing-masing kejuruan teknik sepeda motor, teknisi komputer, operator komputer, tata busana, teknik pendingin, tata graha dan kejuruan tata boga. "Balai latihan kerja merupakan prasarana dan sarana tempat pelatihan untuk mendapatkan keterampilan untuk calon tenaga kerja yang ingin mendalami keahlian dibidangnya masing-masing," ucap pengajar BLK Disnakertrans, Toto Sumarto, Senin (21/11).
Toto mengatakan itu disela-sela kegiatannya memberikan materi pelatihan. Selain mengungkapkan saat ini, ada sekitar 144 calon tenaga kerja yang menjalani pelatihan di balai latihan kerja. "Pelatihan ini perlu untuk menumbuhkan rasa percaya diri calon-calon tenaga kerja agar berani dan memiliki wawasan tentang bidang pekerjaan yang nantinya akan ditekuni," ungkap Toto.
Masih ditambahkan Toto, dengan banyaknya perusahaan di kabupaten Karawang menjadikan peluang bagi mereka yang siap melakukan pencarian pekerjaan. Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini calon-calon tenaga kerja akan memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. "Mencari kerja sekarang susah-susah gampang, karena perusahaan sudah pasti akan menyesuaikan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan," katanya.
Secara terpisah Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans, H.Tatang Jumhara, mengatakan, Dinasnya hanya memfasilitasi apa yang tengah dilakukan perusahaan untuk membuka pencalonan ketenagakerjaan. "Kami hanya memfasilitasi tempat, pelayanan melalui Disnakertrans dan sama sekali tidak dipungut biaya," ucapnya, mesti dia sendiri tidak menampik upaya-upaya percaloan masih tetap ada.
Sementara Yusuf Audra (21) warga Kotabaru, peserta latihan mengatakan, banyak sekali yang melakukan pelamaran guna mewujudkan atas keinginannya untuk bisa bekerja di perusahaan di Kabupaten Karawang, namun hal itu terasa sulit karena persaingan mencari kerja sangat ketat. "Banyak banget calo yang mau masuk-masukin kerja di Disnaker. Kenapa ya aksi-aksi ini masih ada, padahal pemerintah sudah melakukan pembersihan percaloan," ucapnya. (mg2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template