Bersilaturahmi dengan Catur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bersilaturahmi dengan Catur

Bersilaturahmi dengan Catur

Written By Mang Raka on Sabtu, 05 November 2016 | 13.00.00

PERMAINAN catur adalah permainan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang. Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.
Filsafat catur ini yang mempengaruhi kebijakan-kebijakan Lurah Nagasari H. Endeng dalam menjalankan pemerintahannya. "Papan catur ini mengandung banyak filsafat. Disitu mengajarkan bagaimana seseorang harus bertahan hidup dan apa yang mesti dilakukan untuk bertahan hidup," paparnya, Jumat (2/11). Lurah Nagasari ini menambahkan permainan catur sudah menjadi hobinya.
Ia mengatakan, permainan catur yang dilakukannya saat itu sudah dilakukan setelah shalat Jumat. Mengisi kejenuhan dengan bermain catur adalah hal yang suka dilakukan oleh pejabat daerah Nagasari. "Ini mah pengisi luang saja, tidak mempengaruhi pekerjaan, karena berbaur dengan masyarakat perlu salah satunya main catur sama warga," ucapnya.
Menurut, Aiptu Nanang, yang tengah asik memikirkan strategi dan langkah prajurit perang caturnya untuk menyerang, sebelum masuk kerja sempatkan waktu untuk berbincang dan bermain agar tidak menemukan titik kejenuhan saat nanti melaksanakan tugas dilapangan. (mg2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template