Beli Gas 3 Kg Harus Pakai Kartu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Beli Gas 3 Kg Harus Pakai Kartu

Beli Gas 3 Kg Harus Pakai Kartu

Written By Mang Raka on Rabu, 23 November 2016 | 13.00.00

-Bisa Dikelola oleh BUMDes

KOTABARU, RAKA - Mengantisipasi kelangkaan gas 3 kilogram yang kerap terjadi, Pemerintah Desa Pangulah Selatan, Kecamatan Kotabaru, mendukung langkah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengelola distribusi gas untuk warga miskin tersebut.
"Seharusnya pemerintah desa mengelola gas 3 kg. Agar pengawalannya lebih ketat. Sehingga masyarakat tidak selalu ngeluh soal kelangkaan," ujar Sekretaris Desa (Sekdes) Pangulah Selatan, Marendra Fatul, Selasa (22/11).
Ia melanjutkan, untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji 3 kg di setiap desa, perlu dilibatkan pemerintah desa. Sebab melalui pemerintah desa, data jumlah kepala keluarga (KK) akan akurat. Artinya kebutuhan gas melon dapat terukur. "Pokoknya melalui data yang akurat per kepala keluarga akan terukur. Selama inikan tidak terdata dengan jelas, sehingga terjadi terus kelangkaan gas," paparnya.
Selain itu, untuk mengatasi kelangkaan gas perlu dilakukan operasi pasar di setiap kantor desa. Melalui kegiatan ini, akan terkumpul data kebutuhan gas melon di satu wilayah. "Semua warga yang kurang mampu harus diberi kartu gas melon. Jadi setiap yang membeli gas 3 kg di kantor desa, itu mempunyai kartu pembelian," ujarnya.
Kartu kendali gas melon, kata Marendra, bisa mengatasi aksi borong beli gas melon. Sehingga pendistribusiannya tepat sasaran. "Harus ada terobosan pemikiran dari pihak terkait (Pertamina, Hiwswana Migas, pemerintah daerah) dengan pemerintah desa, jika ingin tidak terjadi kelangkaan," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template