Bantuan Gubernur Cair Desember - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Bantuan Gubernur Cair Desember

Bantuan Gubernur Cair Desember

Written By Mang Raka on Kamis, 17 November 2016 | 20.10.00

-Rp 50 Juta per Desa, Sisanya Tahun Depan

CILAMAYA, RAKA - Ada kabar gembira bagi para kepala desa menjelang akhir tahun nanti. Bantuan gubernur (bangub) yang dipangkas 50 persen gara-gara anggarannya digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON), akan digelontorkan ke pemerintah desa pertengahan Desember.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Cilamaya Wetan, H Udin Abdul Gani mengatakan, selain Dana Bagi Hasil (DBH) pajak dan retribusi daerah yang SK bupatinya sudah keluar dan siap dicairkan 28 November mendatang, bantuan gubernur untuk fisik Rp 50 juta juga sudah siap turun. "Iya cairnya akhir tahun, katanya sih mulai pertengahan Desember," ungkapnya kepada Radar Karawang, Rabu (16/11) kemarin.
Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat, Enjoy Rizky mengungkapkan, bangub selalu dianggarkan dalam APBD perubahan, sehingga turun ke desa-desa menjelang akhir tahun.
Dorongan Apdesi Jabar, bangub diharapkan akan terus berjalan, apalagi jelang pergantian Gubernur Jawa Barat sekalipun. Tentunya harus lebih pro terhadap pembangunan dan pemerintahan desa. "Bangub sangat membantu sarana infrastruktur desa," tuturnya.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat Koesmayadi mengatakan, seyogianya dana yang dicairkan sebesar Rp 100 juta. Namun karena pelaksanaan PON-Peparnas kemarin, maka Pemprov Jabar baru bisa memberikan separuhnya terlebih dahulu. "Sisanya akan kami bayarkan pada tahun 2017. Dari total 5.312 desa di Jabar, proposal yang sudah terverifikasi sebanyak 2.900," kata Koesmayadi.
Dia menjelaskan, sisa desa yang belum diverifikasi disebabkan karena masih banyak perbaikan yang harus dilakukan. Banyak desa yang masih kesulitan dalam membuat proposal yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Salah satunya adalah program yang dicantumkan harus sudah tercantum dalam APBDesa. "Program pembangunan yang ditetapkan desa pun harus berdasarkan hasil rapat desa. Kualitas sumber daya aparatur juga harus ditingkatkan. Makanya kita terus memberikan pelatihan-pelatihan," katanya. (rud/psn/il)


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template