Balonggandu Rawan Pergeseran Tanah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Balonggandu Rawan Pergeseran Tanah

Balonggandu Rawan Pergeseran Tanah

Written By Mang Raka on Senin, 21 November 2016 | 17.24.00

-Warga Perumahan Cikampek Baru Bangun Jembatan Permanen

JATISARI, RAKA - Intensitas hujan yang tinggi beberapa waktu lalu, mengakibatkan pergeseran tanah di Perum Cikampek Baru RT 05/08, Desa Balonggandu, Kecamatan Jatisari.
Agar tidak terjadi longsor susulan, warga bersama pemerintah desa bahu membahu membangun jembatan permanen. "Posisi tanah yang bergeser berdekatan dengan Sungai Ciherang. Sehingga lokasi tersebut rawan terjadi pergeseran tanah," ujar Kepala Desa Balonggandu, Suhana, Minggu (20/11).
Setelah dilakukan penurapan dan pembangunan jembatan permanen, Suhana berharap tidak terjadi lagi pergeseran tanah, meski intensitas hujan yang tinggi. "Inikan terjadi karena faktor alam. Jalan dan jembatan itu berada di kemiringan tanah sekitar 70 derajat, tepat di pinggir Sungai Ciherang," ujarnya.
Kepala Dusun Perum Cikampek Baru, Joko Samudera menyampaikan, pergeseran tanah bukan hanya di jembatan lingkungan RT 05/08. Di pemakaman umum Perum Cikampek Baru juga terjadi pergeseran tanah sekitar 20 meter. "Ada beberapa titik terjadi pergeseran tanah di lingkungan perumahan. Sebab posisi perbatasan perumahan tersebut berada dekat aliran Sungai Ciherang Balonggandu," jelasnya.
Ketua RT 05/08, Soleh berpandangan, pergeseran tanah di pemukiman Perum Cikampek Baru, bisa ditanggulangi dengan penurapan sekitar 200 meter di sepanjang Sungai Ciherang "Pihak Pemda Karawang harus turun tangan mengatasi terjadinya longsor susulan. Diperlukan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT). Biaya yang dibutuhkan cukup besar," ujarnya.
Sementara ini, biaya untuk membangun jembatan dan penurupan, kata Soleh, berasal dari iuran warga secara sukarela dan bantuan dari Pemerintah Desa Balonggandu. "Saya ucapkan banyak terima kasih kepada warga dan pemerintahan desa, yang telah ikut membantu pembangunan jembatan dan penurapan secara permanen," pungkasnya. (zie)


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template