Ayo Belajar IPA - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ayo Belajar IPA

Ayo Belajar IPA

Written By Mang Raka on Rabu, 23 November 2016 | 13.30.00

TEMPURAN, RAKA - Alam memberi pelajaran kepada manusia dan dengan metodenya, alam menjadi sumber pengetahuan. Pendidikan terhadap alam dan keberagamannya, patut menjadi kajian untuk menumbuhkembangkan pola pikir yang baik dan terarah.
Guru Pelajaran IPA SMP Islam Fathonul Burhan Tempuran, Dewi Kaneli S.pd menyebut maraknya penyerapan tenaga kerja di industri mayoritas kompetensi keahlian ialah di bidang IPA. Penyebabnya karena kemampuan dan daya nalar yang mumpuni selama menempuh pendidikan di bangku-bangku sekolah. Meskipun tak sesulit matematika dan semudah mata pelajaran lainnya. IPA menjadi andalan untuk pengembangan keahlian motorik siswa dan berpengaruh pada memori dan daya serap tes dan psikotes suatu perusahaan. Karenanya, mempelajari IPA lebih spesifik diharapkan bisa menampung keahlian dan bakat tertentu dari karakter seseorang. "Jangan ragu menyukai mata pelajaran IPA," jelas dia.
Lebih lanjut Dewi menambahkan, ketidakpercayaan terhadap rumus dan minimnya perhatian pada alam, kadang-kadang menjadi faktor kurangnya IPA menjadi prioritas utama, padahal beda IPA beda matematika, karena dengan IPA bukan saja eksak yang ditonjolkan, tapi lebih pada analisa dan pandai menyimpulkan. Karena dalam setiap jawaban, seseorang dituntut bisa mempertanggungjawabannya dengan logika berpikir dan ketepatan berargumentasi, ini secara tidak langsung mempengaruhi tumbuh kembang otak anak. "Dengan faham IPA, secara tidak langsung anak itu bisa bertanggungjawab secara logika, karena lebih pada pemahaman menganalisis," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template