Anak Jalanan Diajari Baca Tulis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak Jalanan Diajari Baca Tulis

Anak Jalanan Diajari Baca Tulis

Written By Mang Raka on Sabtu, 12 November 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Bermodalkan niat dan kemauan besar, tidak menyurutkan semangat anak-anak jalanan yang berada di sekitaran wilayah Jatirasa belajar. Di ruangan sempit dan kumuh, anak-anak ini diajarkan membaca dan menulis. Tak hanya itu, mereka juga mengikuti permainan dan motivasi, agar selalu tegar untuk semangat belajar.
Putri Purnamasari, seseorang yang peduli pendidikan yang terjun langsung ke lapangan bersama 30 orang teman lainya yang tergabung dalam Relawan Peduli Pendidikan Karawang (RPPK) mengatakan, proses kegiatan belajar mengajar ini sudah berjalan selama enam bulan. Mereka meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak jalanan, yang tidak mampu melanjutkan sekolah. “Melihat kondisi itu, tentu sangat miris, sudah puluhan tahun merdeka tapi pendidikan di Indonesia belum juga merata,” katanya.
Menurutnya, dirinya dan teman-temanya hanya sebatas ingin membantu mencerdaskan putra-putri Indonesia, itulah prinsip yang dibangun. Niat ini tak berjalan mulus, awalnya Putri mengajar di pinggir rel kereta api tak jauh dari Stasiun Karawang. Namun dengan berjalannya waktu, aktifitas mereka mendapat respon masyarakat. Sehingga diberikan bangunan yang tak terpakai di pinggir rel kereta untuk dijadikan rumah singgah. "Bangunan ini di bantu sama warga, dan dibantu sama dinsos, dulu pernah dipinggir rel," ucapnya.
Walaupun kondisinya kumuh dan alat tulis yang ada alakadarnya, kata Putri, tidak menyurutkan dan mematahkan semangat untuk belajar. "Ketika awal mengajar, mereka tidak kenal siapa kami, buat apa mereka disini, tapi secara perlahan mereka akhirnya paham dan merasa penting untuk belajar," tuturnya.
Menurutnya, meski di tengah keterbatasan dalam kegiatan belajar bersama anak jalanan yang dilakukan seminggu dua kali. Tetapi mereka selalu terlihat ceria disaat ingin belajar. Bahkan yang membuat dirinya bangga, sebelum ia datang anak-anak ini sudah menunggu dirinya. “Jika pintu rumah singgah ini terbuka, secara berduyun - duyun anak - anak ini masuk ruangan yang kumuh ini," ucap wanita lulusan S1 Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI Bandung ini.
Putri menjelaskan, anak jalanan yang sering mengikuti proses belajar di rumah singgah ini sebanyak 41 anak jalanan. Mereka selalu rutin disaat waktunya belajar. “Enam bulan saya mengajar di tempat ini, ternyata mengajar secara ikhlas dan tanpa pamrih membawa kebahagiaan batin tersendiri, apalagi disaat melihat mereka tersenyum,” katanya.
Rahmat salah satu murid di rumah singgah tersebut mengaku senang dengan adanya rumah singgah ini. Karena dengan belajar, ia bisa membaca dan menulis. "Udah bisa baca dan nulis," pungkas dia sambil tertawa kecil. (yna)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Luar biasa sekali ka Putri, saya sebagai pemudi Karawang merasa terpanggil untuk ikut bergabung, boleh minta contact personnya?

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template