Anak-anak Korban Konflik Agraria Stres - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak-anak Korban Konflik Agraria Stres

Anak-anak Korban Konflik Agraria Stres

Written By Mang Raka on Selasa, 22 November 2016 | 18.17.00

KARAWANG, RAKA - Berada di penampungan sebulan lebih, membuat nasib 187 warga Telukjambe semakin buram. Mereka ingin pulang, hidup normal seperti masyarakat lainnya.
Hal serupa juga dialami anak-anak. Setiap hari berada di sekitar Aula Islamic Center, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, membuat mereka stres. Padahal saat rapat pembahasan pemulangan petani konflik agraria di Telukjambe Barat. Pemerintah Kabupaten Karawang menjanjikan dua minggu di penampungan, lalu diberi tempat tinggal sementara di rumah susun Adiarsa. "Nanti solusi teknis biar tim yang pikirkan, bagaimana tempat tinggal mereka, lalu lahan pertanian yang akan mereka garap. Dan juga untuk memberikan solusi untuk mencegah konflik lainnya," ujar Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana waktu itu.
Seiring waktu, janji tinggalah janji. Kehidupan para petani korban konflik agraria itu semakin tidak menentu. Saat Radar Karawang mengunjungi mereka, Senin (21/11) kemarin, di sela kerumunan orang tua terdapat anak-anak yang hingga saat ini tidak bisa sekolah. Mengusir rasa bosan, mereka terlihat bermain bola. Ada juga yang belajar alakadarnya. "Sudah satu bulan (mengungsi). Saya sudah ingin pulang ke kampung, sudah bosen di penampungan," ujar seorang anak yang sedang asyik bermain.
Ditanya soal sekolah, dia mengatakan selama di penampungan ada kegiatan belajar, tapi suasananya tidak nyaman. Berbeda jika kegiatan belajar mengajar berlangsung di sekolah. "Belajar, tapi suasananya beda," tutur siswa kelas 6 SDN Wanajaya 3 tersebut.
Saat ditanya nama, beberapa orang yang sedang mendampingi anak bermain dan belajar, berusaha memisahkan wartawan dengan anak tersebut, agar tidak bercerita banyak. "Akang dari mana? Dari utusan pemerintah Karawang atau dari mana?" ketusnya. (dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template