Alat Tangkap Rusak Bikin Pusing Nelayan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Alat Tangkap Rusak Bikin Pusing Nelayan

Alat Tangkap Rusak Bikin Pusing Nelayan

Written By Mang Raka on Kamis, 24 November 2016 | 16.00.00

NELAYAN yang sehari-hari berpencaharian rendah meminta pemerintah daerah memperhatikan nasib mereka yang selama ini jarang diperhatikan. Berbagai macam program dan paket bantuan pun dinilai tidak memberikan solusi untuk membuat taraf hidup mereka lebih sejahtera. Selain kehidupan mereka bergantung terhadap faktor alam, mereka pun memerlukan bantuan alat-alat teknis untuk menangkap ikan.
Menurut Robi(32) nelayan asal TPI Sungaibuntu Kecamatan Pedes mengeluhkan program bantuan untuk kebutuhan teknis kelautan dan perikanan jarang mereka dapatkan. ”Kita hanya ingin agar minimal-minamalnya, alat alat teknis buat nangkap ikan itu juga diadakan, karena terkadang, alat-alat yang kita punya suka rusak. Untuk ngebetulinnya aja mahal, perlengkapannya juga gitu,” ujar Robi.
Dijelaskannya, banyak factor yang bisa membuat peralatan mereka rusak. Yang paling sering adalah akibat keteledoran manusia. ”Contohnya kita punya jaring, rumpon yang kita pasang di tengah laut, kalau ada kapal-kapal besar lewat gak sengaja kesangkut dan kebawakan juga pada ilang, kalaupun gak ilang pasti pada robek dan rusak,” keluhnya.
Bahan-bahan perlengkapan untuk menangkap ikan pun tergolong mahal untuk kalangan nelayan miskin. Selain ongkos melaut yang bisa mencapai puluhan ribu rupiah sekali melaut, kerusakan perlengkapan juga ikut menambah beban biaya para nelayan miskin. ”Buat ongkos solar saja kita udah empot-empotan, apalagi kalau harus ganti ini dan itu, bikin semuanya jadi nambah biaya. Ujung-ujungnya untung yang kita dapatkan dari melaut ikut disisihkan untuk ngebenerin alat tangkap,” jelas Robi.
Dirinya berharap agar pemerintah daerah segera melihat dan mempertimbangkan untuk memberikan bantuan pengadaan alat tangkap bagi nelayan miskin. ”Syukur-syukur kalau mereka mendengar keluhan kami, kita juga berterima kasih kalau memang nelayan miskin mau dikasih bantuan,” pungkasnya.(fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template