Air Hitam Barugbug Bikin Gatal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Air Hitam Barugbug Bikin Gatal

Air Hitam Barugbug Bikin Gatal

Written By Mang Raka on Rabu, 02 November 2016 | 15.00.00

JATISARI, RAKA - Warga Desa Barugubung, Situdam dan sekitarnya selalu mengeluhkan aliran irigasi yang bersumber dari Bendungan Barugbug. Tetapi saat ini keluhan tersebut mulai hilang, karena air irigasi Bendungan Barugbug terlihat normal, tidak hitam pekat seperti biasanya.
Menurut Sunarya (36) seorang anggota kelompok Tani Desa Situdam, kondisi air Bendungan Barugbug-Situdam masih terlihat normal. Sehingga aman mengairi areal pesawahan dan perkebunan. "Saat ini jarang terjadi perubahan warna di aliran irigasi ini. Terjadinya perubahan warna hitam itu biasanya pada musim kemarau saja," ujar Sunarya kepada Radar Karawang, Selasa (1/11).
Ia melanjutkan, saat ini sudah memasuki musim tanam, karena para petani sangat membutuhkan pasokan air dari Bendungan Barugbug. Terutama petani yang sawahnya berada di areal sawah Desa Situdam, Barugbug, Cirejag dan Jatisari. "Jika kondisi air hitam pekat maka para petani akan merasa dirugikan. Gatal-gatalkan biasanya," ucapnya.
Kepala Desa Barugbug Suhatip menyampaikan, para petani di beberapa desa sangat ketergantungan kepada pasokan air Bendungan Situdam. Meski kini memasuki musim hujan namun debit air Bendungan Situdam masih terlihat normal. "Saya sering kordinasi dengan pengamat pengairan yah, Pak Udi. Terkait perkembangan debit air yang dialirkan dari Bendungan," ujarnya.
Meski demikian, tambah Suhatip, warga di sekitar bantaran Bendungan Barugubug diminta untuk waspada. Karena khawatir terjadi luapan air yang tidak diharapkan pada saat turun hujan sepanjang hari. "Kewaspadaan perlu karena yang namanya aliran sungai tidak bisa diprediksi. Apalagi pada saat turun hujan," ujarnya.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template