15 Sekolah Bertanding LKS TKJ Jawa Barat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 15 Sekolah Bertanding LKS TKJ Jawa Barat

15 Sekolah Bertanding LKS TKJ Jawa Barat

Written By Mang Raka on Rabu, 16 November 2016 | 18.01.00

KOTABARU, RAKA - Sebanyak 15 peserta didik yang mewakili Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mewakili Karawang, adu kebolehan di bidang IT Networking Support untuk kompetensi keahlian teknik komputer jaringan (TKJ) tingkat Jawa Barat.
"Mereka mewakili sekolah masing-masing. Peserta diberi waktu 8 jam. Mulai jam 09.00 sampai jam 17.00," ujar Ketua Panitia LKS Kabupaten Bidang IT Networking Support, untuk kompetensi keahlian TKJ, Yudi Nugraha,ST, MM, ditemui di sela-sela kegiatan, Selasa (15/11).
Berdasarkan hasil rapat persiapan, kata Yudi, sebenarnya ada 21 sekolah, tetapi yang mengirimkan peserta hanya 15 sekolah. "Untuk sekolah lain gak ada kabar. Padahal Kami sudah undang semua," ucapnya.
Dia menyampaikan, SMK Tri Mitra sudah dua kali menjadi tuan rumah LKS untuk bidang IT Networking Support, pertama sekitar dua tahun lalu, menjadi tuan rumah tingkat provinsi, dan sekarang menjadi tuan rumah tingkat kabupaten. "Jadi untuk tingkat kabupaten, SMK Tri Mitra baru pertama kali. Dan baru pertama kali juga diadakan di sekolah swasta," ujarnya.
Untuk penilaian terhadap peserta, dilakukan oleh tim juri dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (P4TK BMTI), Telkom Univercity dan dari Biznet. "Hanya peserta terbaiklah yang akan mewakili Karawang tingkat Jawa Barat. Dan untuk dewan juri sendiri jelas sangat profesional hasilnya nanti tentu dipastkan objektif," ujarnya.
Ada beberapa poin yang menjadi penilaian penting, diantaranya konfigurasi server linux debian, kabling, instalasi sistem oprasi dan akses poin. Menurutnya peserta yang sudah ahli bisa menuntaskan tugasnya cukup dengan dua jam saja. "Jadi waktu yang diberikan selama 8 jam, sebenarnya itu lebih dari cukup. Untuk tingkat kabupaten hanya 1 model, tetapi nanti di tingkat provinsi peserta akan lebih sulit menyelesaikan tugasnya karena bisa sampai 3 model," terangnya.
Sementara Cep Iman Rahayu, pembimbing dari SMKN 1 Tirtajaya, mengaku optimis peserta didiknya bisa menuntaskan tugasnya dengan baik. Karena pada dasarnya tugas yang harus diselesaikan merupakan pelajaran praktek, yang sudah diajarkan di sekolah. Terlebih sebelum mengikuti LKS, peserta didiknya sekitar 2 bulan sebelumnya sudah melakukan persiapan. "Persiapannya jauh-jauh hari, lumayan lama yah, sekitar 2 bulanan. Karena materinya memang sudah diberikan di sekolah, seharusnya siswa bisa mengerjakan dengan baik," ujarnya.(zie)


Pemenang LKS TKJ Karawang

SMKN 1 Karawang
Adam Fadilah
SMK Tri Mitra
Bagus Akbar
SMKN 1 Tirtajaya
Wahyu Rizal
SMKN 1 Rengasdengklok
Aang
SMK Rosma Karawang
Baskara

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template