100 Warga Pangkalan Dapat Sertifikat Tanah Gratis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 100 Warga Pangkalan Dapat Sertifikat Tanah Gratis

100 Warga Pangkalan Dapat Sertifikat Tanah Gratis

Written By Mang Raka on Kamis, 24 November 2016 | 12.30.00

TEGALWARU, RAKA - Sebanyak 100 warga pemilik tanah dan bangunan di wilayah Desa Cintawargi, Kecamatan Tegalwaru, menerima sertifikat gratis Program Nasional (Prona) Dinas Pertanahan Nasional (BPN) Karawang. Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis di Aula Desa Cintawargi, Rabu (23/11).

Program nasional sertifikat tanah yang dibuat secara cuma-cuma itu mendapat apresiasi warga karena beberapa penerima nya adalah warga kategori tidak mampu. Program yang digelontorkan BPN mendapat angin segar bagi warga untuk memperkuat administrasi tanah mereka secara yuridis dimata hukum, hingga pengesahan administrasi agraria tersebut bisa dimanfaatkan warga dengan berbagai kebutuhan.
Kiki (51), ibu rumah tangga di Kampung Ciakar menyampaikan dengan mendapatkan sertifikat tanah dan rumah miliknya dari program nasional Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Karawang membantu dirinya. Akui Kiki dengan mendapatkan pengesahan dan pengakuan perihal tanah guna keperluan penting untuk masa depan usahanya yang kini justru membutuhkan tambahan modal.
"Sertifikat itu kan bisa dimanfaatkan untuk agunan ke bank sebagai jaminan karena usaha warung nasi milik saya perlu suntikan dana. Saya harap usaha saya bisa saya besarkan setelah mendapatkan tambahan modal dengan agunan sertifikat. Memang pinjaman saat ini untuk usaha saya itu tidak serta merta mudah didapatkan, maka dengan cara menyimpan sertifikatlah mungkin bisa saya dapatkan," paparnya.
Lain lagi H.Obin (64), dengan sertifikat maka kenyaman dirinya perihal kepemilikan tanah akan jauh lebih nyaman. Dirinya akui perkembangan tanah saat ini perlu adanya kepastian hukum perihal tanah yang ditunggakan diatas kertas dan negara mengetahuinya. "Permasalahan sengketa tanah dipicu oleh legal formal yang dimiliki oleh warga masih belum bisa dibuktikan dengan catatan ataupun tulisan hitam di atas kertas. Makanya saya sambut positif sekali program nasional pemberian sertifikat secara gratis," ucapnya.
Kepala Desa Cintawargi, Agus, menerangkan pemberian sertifikat gratis melalui program Prona Tahun Anggaran 2016 itu memang belum bisa secara keseluruhan terpenuhi. Dirinya pun membenarkan pemutihan tersebut baru 30% dari total kebutuhan warga. Tapi dirinya pun berharap jika di tahun 2017 ada program yang sama dan warga pun yang belum ikut bisa ambil bagian.
"Belum semua ikut program prona tapi antusias warga yang belum mempunyai kini sudah banyak menanyakan ke beberapa aparatur saya perihal kapan lagi ada program tersebut. Saya harap Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Karawang bisa juga di tahun selanjutnya mengadakan program yang sama, agar tertib administrasi warga secara keseluruhan bisa terpenuhi, juga permasalahan sengketa akan bisa dimininalisasi," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template