10 Desa Terancam Mendapat Sanksi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 10 Desa Terancam Mendapat Sanksi

10 Desa Terancam Mendapat Sanksi

Written By Mang Raka on Rabu, 30 November 2016 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Sebanyak sepuluh desa yang belum melaporkan pertanggung jawaban untuk dana desa tahap pertama, diminta secepatnya membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ). Jika belum melaporkan pertanggungjawaban dikhawatirkan mendapat sanksi berupa penalti dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintaha Desa (BPMPD) Karawang, Ahmad Hidayat, mengatakan itu, Selasa (29/11). Dikatakan, sebanyak 80 dari 209 desa yang ada di Kabupaten Karawang belum membuatkan laporan pertanggung jawaban pencairan dana desa untuk tahap pertama serta karena tidak mencairkan dana desa tahap kedua.
Sedangkan  untuk laporan pertanggung jawaban dana desa tahap dua tinggal 70 desa lagi belum mencairkan. Sementara untuk ADD dan Bangun sudah selesai semua. “Kita meminta agar pendamping desa dan kecamatan membantu menyelesaikan laporan pertanggungjawaban di desa,” ucap Hidayat.
Untuk tahap kedua, kata Hidayat, kemungkinan  bisa  diluncurkan ke tahun 2017. Biasanya pemerintah pusat bijak, memberikan kelonggaran, itu pun akan ada batas waktu beberapa bulan. “Tapi laporan pertanggungjawabannya harus bisa lebih diperhatikan dan bisa lebih cepat,” terangnya.
Menurut Hidayat,  untuk tahun 2017 dana desa itu bisa bertambah menjadi Rp 280 miliar dan kemungkinan satu desa bisa mendapat anggaran Rp 1 miliar. Sebab tahun ini saja paling besar itu Rp 800 juta dengan anggaran Rp 200 juta. “Selain tahun depan dana bagi hasil pajak juga rencananya akan dibagikan ke desa,” tuturnya.
Hidayat berharap , dana desa itu bisa dimanfaatkan untuk pemangunan desa secara maksimal. Sebab dana desa itu dikhususkan untuk pembangunan infrastruktur dan pengembangan ekonomi kerakyatan. “Kita tidak ingin kepala desa mendapat masalah karena dana desa itu, sebab sudah ada beberapa kepala desa yang jadi tersangka akibat penyalahgunaan dana desa,” katanya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template