Warga Miskin di Tirtamulya Bertambah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Miskin di Tirtamulya Bertambah

Warga Miskin di Tirtamulya Bertambah

Written By Mang Raka on Senin, 10 Oktober 2016 | 16.00.00

-405 Keluarga Ajukan Program PKH

TIRTAMULYA, RAKA - Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Tirtamulya diverifikasi. Dari 1.077 peserta, ada penambahan 405 orang.
"Tapi mereka belum tentu masuk menjadi peserta. Makanya kami lakukan verifikasi terlebih dahulu," ujar Ade Romli, pendamping PKH Tirtamulya.
Dia menyampaikan, untuk melakukan verifikasi, para peserta PKH mengikuti arahan yang diberikan oleh para pendamping. Karena jumlah calon pesertanya cukup banyak, maka dilakukan dua kali pengarahan. Pertama hari Jumat (7/10), meliputi Desa Parakanmulya, Kamurang, Parakan, Karangsinom, Karangjaya dan Citarik, bertempat di aula Kantor Camat Tirtamulya. Sedangkan hari Sabtu (8/10) mencakup Desa Bojongsari, Tirtasari, Cipondoh, Kertawaluya dan Tirtasari bertempat di Desa Bojongsari. "Jadi istilahnya kami melakukan PA (pertemuan awal dan validasi). Ini agar para calon peserta PKH mengetahui secara rinci bagaimana program yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial," ujarnya.
Untuk para calon peserta, datanya akan dilakukan verifikasi sesuai atau tidak dengan kriteria peserta PKH. Kondisi keluaga sangat miskin menjadi kriteria awal, kemudian  ibu hamil, nifas, balita, apras (anak pra skolah), anak SD, SMP dan SMA sederajat, lansia diatas 70 tahun dan cacat tubuh berat. "Kalau data calon peserta sesuai dengan kriteria tersebut. Maka mereka akan menjadi peserta PKH," ujarnya.
Untuk para penerima manfaat atau peserta PKH, akan mendapatkan kucuran dana dari pemerintah melalui Kementerian Sosial, yang pencairannya dilakukan di Kantor Pos. "Untuk satu tahun, pencairan dilakukan empat kali. Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.
Kasi Trantib Tirtamulya, Deden Jaya Laksana, mengaku selalu melakukan pengawalan terhadap para pendamping PKH, terutama saat melakukan pencairan. Pasalnya, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat harus tetap terjaga. "Tentunya kami selalu siap siaga untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kami mewakili pihak kecamatan, menyampaikan terima kasih kepada para pendamping PKH," ujarnya singkat.
Perlu diketahui, PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM, dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.(zie)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. MINTA TOLONG DITAMBAH PEMBAHASAN UNTUK MASALAH GAPOKTAN TIRTAMULYA, MOHON DENGAN SANGAT SERING. KARENA MASYARAKAT TIRTAMULYA BUTA TENTANG MASALH GAPOKTAN

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template