Warga Kutawargi Gelar Hajat Bumi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Kutawargi Gelar Hajat Bumi

Warga Kutawargi Gelar Hajat Bumi

Written By Mang Raka on Sabtu, 08 Oktober 2016 | 13.00.00

RAWAMERTA, RAKA - Petani Kampung Gabel Desa Kutawargi Kecamatan Rawamerta kembali menggelar acara tradisi dan budaya babarit. Kegiatan ini mereka lakukan untuk menyambut tanam padi yang akan datang. Dengan syukuran sederhana yang dikemas dengan perayaan Hajat Bumi kecil-kecilan (Babarit), mereka memanjatkan doa agar selama proses tanam hingga panen nanti diberikan kelancaran.
Amil Udin yang memimpin acara tersebut menerangkan bahwa babarit adalah salah satu cara masyarakat mengungkapkan rasa syukurnya kepada Sang Pencipta setelah keberhasilan panen, sekaligus menyambut masa tanam padi. "Hakikanya Babarit ini adalah ungkapan rasa syukur kepada sang Pencipta," terangnya.
Tidak ada panitia dalam acara perayaan ini, namun bagi warga yang ikut serta diharuskan membawa makanan di rumah untuk dikumpulkan di pemakaman atau biasa disebut 'makom astana panjang'. Tujuannya selain untuk diberi doa, masyarakat bisa saling menikmati makanan satu sama lain yang sengaja ditukar.
Acara tersebut merupakan bagian dari tradisi turun-temurun yang hingga kini dilestarikan. Sedangkan tempatnya dilaksanakan di Petilasan atau kuburan leluhur yakni Makom Raden Saridin/Syeh Jangkung atau biasa disebut astana panjang, jumat pukul 15.00 sore kemarin. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template