Warga di Kaki Gunung Cupu tak Takut Longsor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga di Kaki Gunung Cupu tak Takut Longsor

Warga di Kaki Gunung Cupu tak Takut Longsor

Written By ayah satria on Rabu, 05 Oktober 2016 | 20.52.00

PLERED,RAKA - Berada persis di bawah kaki gunung Cupu, tak membuat warga Kampung Batukarut, Desa Liunggunung, Kecamatan Plered khawatir. Padahal, saat musim hujan tak jarang gunung yang membelah Kecamatan Plered dan Sukatani itu, sering terjadi longsor.
"Ya sudah biasa sih karena memang sejak lahir kami tinggal disini,'' kata Umar (38), kepada Radar Karawang. Selasa (4/10).
Biasanya, saat hujan lebat, tak jarang bongkahan batu bercampur tanah turun dari atas gunung. Bahkan, Umar masih ingat betul belum lama ini batu dengan ukuran besar hampir menimpa atap rumah miliknya. "Iya. Batunya hampir sebesar truk karena ukuranya sangat besar,'' kata umar.
Jika ada hujan disertai angin dengan jangka waktu cukup lama, biasanya Umar beserta anak dan istri sengaja meninggalkan rumah. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan diri dari bencana tersebut. Pasalnya, gunung cupu tergolong rawan pergeseran tanah.
"Takut saat tidur tiba-tiba ada batu besar menimpa rumah saya,'' kata bapak satu anak itu.
Meski begitu, ia beserta warga lain belum berniat untuk pindah dari tempat tersebut. Namun, untuk mencegah terjadinya bencana alam ia dengan sengaja tanami pohon disekitar rumah. "Enggalah ngapain pindah," kata dia.
Daman (50) warga lainnya mengatakan, seringnya terjadi longsor dari gunung Cupu menurutnya, diakibatkan banyaknya masyarakat memanfaatkan lahan di atas gunung. "Jadi sekitar lereng gunung rusak dan tidak memiliki izin dari pemerintah,''ujarnya.
Akan tetapi belum lama ini, kata dia, pihak pemerintah Kecamatan Plered sudah melarang warga menggarap tanah disekitar lereng gunung. "Kemarin juga udah ditanami pohon oleh pihak kecamatan,"pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template