Warga Cirebon Dominasi Pengemis Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Cirebon Dominasi Pengemis Karawang

Warga Cirebon Dominasi Pengemis Karawang

Written By Mang Raka on Rabu, 12 Oktober 2016 | 14.00.00

KLARI, RAKA – Dinas Sosial Kabupaten Karawang menggelar proyek perubahan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan (PIM 2) Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PKPS), di Aula Kecamatan Klari, Kemarin (11/10).

Penanganan penyandang kesejahteraan sosial di wilayah Kabupaten Karawang ini dilakukan dengan referensi Perda no 8 Tahun 2012 tentang bantuan sosial. Sementara penanganannya melalui kerjasama CSR perusahaan. Penanganan PMKS dengan adanya dorongan penuh dari bentuk CSR perusahaan dengan Dinas Sosial, akan dilakukan ke tiga jenis indikatornya, yakni Persoalan Anjal, Pengemis dan Lansia Pengemis.
Hal tersebut disampaikan Danilagi, bagian Bidang Pembinaan Sosial Dinsos. Kegiatan Penangganan PMKS yang merupakan gagasan yang diluncurkan Staf Ahli Kemasyarakatan dalam membantu persoalan sosial, kini tengah mendapati dukungan penuh. Hal inipun dilakukan dengan adanya bentuk CSR terhadap Persoalan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial diwilayah ini. “Proyek Perubahan diklat PIM 2 ini membahas penanganan PMKS, kini ada dorongan penuh, karena dilakukan dengan diadakanya CSR terhadap perusahaan nantinya,” ujarnya.
Selama ini, sambung dia, bentuk CSR yang dilakukan perusahan yang berada diwilayah Kabupaten Karawang, terhitung minim untuk bidang sosial. Kebanyakan  bentuk CSR yang dilakukannya lebih terhadap Kesehatan dan pendidikan. Akan tetapi, terhadap bidang sosial, seperti persoalan Masalah Kesejahteraan sosial dirasakannya masih sedikit sekali dilakukan. “Memang bentuk CSR yang dilakukan perusahan yang tersebar kepada masyarakat sangat sedikit untuk bidang kesosialannya,” ucapnya.
Maka itu, lanjut dia, dengan adanya kerjasama yang dilakukan pihak Dinas Sosial Kabupaten Karawang terhadap perusahaan yang ada diwilayah ini, diharapkan mampu meminimalisir persoalan Kesejahteraan Masyarakat diwilayah ini. “Sangat bagus gagasannya, dan inipun sedang disusun dasar hukumnya, agar nanti bisa terealisasi, karena selama ini, CSR yang dilakukan perusahaan tidak dirasakan secara menyeluruh,” ucapnya.
Dia menegaskan, banyaknya anjal, pengemis dan lansia yang menjadi pengemis di wilayah Kabupaten Karawang karena persoalan masalah kesejahteraan sosial yang masih rendah, nantinya akan dilakukan penanganan. “Dalam seminggu sekitar 100 hingga 50 orang Anjal yang terjaring rajia, secara faktualnya, persoalan anjal, pengemis dan lain sebagainya, itu disebabkan karena tingkat ekonomi keluarga yang dibawah standar,” katanya.
Sehingga, dia menambahkan, nanti hal ini dapat teratasi, dengan adanya gagasan penanganan PMKS yang berada diwilayah Karawang. “Jelas salah satunya di wilayah Klari, anjal banyak di setiap lampu merah, dan nanti itu akan ada penanganan, selain bantuan sosial dengan mengadakan pembuatan usaha bagi para keluarganya, yang saat ini masih terus menggeluti pekerjaan mengemis nantinya. Selain itu, kebanyakan anjal dan pengemis untuk asli karawang sekitar 40 persen dan 60 persen dari luar karawang seperti daerah Indramayu dan Cirebon,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template