Warga Cicinde Hirup Bau Limbah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Cicinde Hirup Bau Limbah

Warga Cicinde Hirup Bau Limbah

Written By Mang Raka on Jumat, 28 Oktober 2016 | 13.00.00

-Penampungan B3 PT JOBS Bikin Resah

BANYUSARI, RAKA - Gudang PT JOBS di Kampung Bangsasuta RT 01/05, Desa Cicinde Selatan, Kecamatan Banyusari, kembali dikeluhkan masyarakat. Karena menghasilkan bau tidak sedap yang bersumber dari limbah B3.
"Dari bulan Januari 2016 sampai dengan sekarang, keberadaannya sangat dikeluhkan warga. Karena setiap jam 23.00 sampai dini hari, ada aktivitas bongkar muat dengan mobil besar," ujar tokoh masyarakat yang enggan namanya disebutkan, Kamis (27/10).
Dia juga menyampaikan, selain kendaraan besar yang menggangu istirahat warga, bau limbahnya juga sangat menyengat sehingga pernafasan warga sekitar terganggu. Bahkan setiap pengendara yang melintasi jalan raya Cicinde Selatan, juga pasti menghirup bau limbah tersebut.
"Setiap malam bau menyengat, sehingga pernafasan terganggu. Sumbernya ya dari gudang itu," tambahnya.
Bahkan warga sekitar yang dekat dengan gudang sempat memberi surat penolakan, melalui tanda tangan warga kurang lebih sebanyak 20 kepala keluarga dilayangkan ke Kepala Desa Cicinde Selatan, Dasum. Tetapi sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak manapun.
"Masyarakat yang mau protes langsung ke pemilik gudang merasa takut dan khawatir, karena gudang tersebut dibekingi jagoan mantan tentara," tambahnya.
Ketua Forum Masyarakat Peduli (FMP) Cabang Karawang, Denis FW, menanggapi kondisi tersebut. Menurutnya pemerintah harus langsung turun tangan menyelesaikan permasalahan tersebut. Terlebih sudah banyak warga yang komplen, itu artinya sudah tidak main-main.
"Warga sudah pada komplen, harusnya pemerintah setempat (Desa) segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Kalau pemerintah setempat maka pemda yang harus turun tangan," tegasnya.
Terlebih, gudang tersebut dijadikan tempat penampungan limbah B3, sehingga mengancam kesehatan warga sekitar dan warga yang melintasi jalan tersbeut. Itu poin penting yang harus disoroti oleh pemerintah bahkan termasuk penegak hukum. "Limbah B3 gak boleh ada disitu, membahayakan kesehatan masyarakat. Bertentangan dengan hukum juga itu," pungkasnya.
Sementara Kepala Desa Cicinde Selatan, Dasum, belum dapat dimintai keterangan, karena tidak ada di kantor, Kamis (27/10) kemarin. Begitu pula pihak PT JOBS belum berhasil dikonfirmasi. (zie)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Teu baleg pisan euy... nyieun nu kos kitu teh kudu aya izin tempat usaha di awasi ku pemerintah nu menjamin kahirupan masyarakat teu ka ganggu ku limbah, bau, racun, dll nu ngarusak kasehatan... ampun euy... coba aya nu boga buku PPKN teu euy... cig bere injem pamerentah jeung nu boga pabrik tah maca, teu bisa maca dieu di dikte keun beh ngarti...

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template