Wabup Endus Aroma Konspirasi Senilai Rp 2,5 M - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wabup Endus Aroma Konspirasi Senilai Rp 2,5 M

Wabup Endus Aroma Konspirasi Senilai Rp 2,5 M

Written By Mang Raka on Rabu, 26 Oktober 2016 | 13.00.00

*Pendi Anwar: Pelebaran Jalan Mestinya Dari Jembatan Badami

KARAWANG, RAKA - Aroma konspirasi proyek pelebaran Jalan Tarumanegara (Interchange) Karawang Barat senilai Rp 2,5 miliar lebih tercium. Indikasi konspirasinya disebutkan sangat jelas, yakni pelebaran dilakukan terlebih dahulu di depan hotel dan mall Resinda, sehingga dianggap menguntungkan pengusaha hotel dan mall tersebut.

Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsari mengatakan itu, Selasa (25/10) saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi pelebaran Jalan Interchange Karawang Barat yang sedang dilaksanakan Dinas Bina Marga dan Pengarian (DBMP). Menurut wabup yang akrap disapa Jimmy itu, jika DBMP menjalankan tugasnya dengan baik, pelebaran jalan akan dilakukan mulai dari ujung interchange, yakni setelah Jembatan Badami atau Jembatan Citarum. Bahkan DBMP semestinya mendahulukan perbaikan badan interchange Karawang Barat yang bergelombang dan banyak lubang. "Mengapa pelebaran jalan justru mendahulukan yang di depan hotel," kata Jimmy.
Ditandaskannya, pelebaran jalan di depan hotel semestinya menjadi tanggung jawab pengelola hotel tersebut. Apalagi lahan yang dilebarkan itu milik pengusaha hotel. Jimmy mengingatkan, dana Rp 2,5 miliar itu bukan uang yang sedikit.Jika digunakan untuk perbaikan jalan di wilayah pedesaan akan lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Namun demikian, Jimmy mengaku tidak mungkin bisa menghentikan proyek tersebut. Sebab, pelaksanaan proyek sudah melalui proses lelang. "Saya hanya meminta kompenasi kepada pengelola hotel dan pelaksana proyek agar memperbaiki jalan yang bergelombang di sepanjang interchange," katanya.
Disebutkan, sidak sengaja dilakukan untuk menjalankan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) wakil bupati melakukan pengawasan terhadap semua OPD (organisasi perangkat daerah). "Saya tidak perlu meminta izin kepada bupati untuk melakukan sidak terhadap kinerja OPD. Ini tugas saya," katanya.
Dari pantauan di lapangan, Jimmy sempat marah terhadap pengawas dari DBMP. Bahkan, Jimmy sempat menanyakan mengapa pelebaran jalan dimulai dari depan hotel, bukan dari ujung jalan. Pertanyaan Jimmy, sempat dijawab pengawas tersebut. Dia mengatakan pelebaran jalan dilakukan untuk mengimbangi pelebaran jembatan Sungai Citarum yang telah lebih dulu dilakukan. Mendapat jawaban seperti itu Jimmy terlihat naik pitam. "Kalau mau mengimbangi lebar jembatan, ya mulai dari sana, bukan dilakukan disini," katanya.
Setelah memberi arahan terhadap pengawas dan pelaksana proyek, Jimmy bergerak ke kantor pemasaran Hotel dan Mall Resinda. Di tempat itu, Jimmy meminta pengelola Resinda untuk meratakan Jalan Tarumanegara yang bergelombang dan berlubang. "Bapak telah diuntungkan oleh proyek yang didanai APBD Karawang. Kami minta bapak menyisihkan keuntungan untuk memperbaiki Jalan Tarumanegara ini," katanya seraya berharap perbaikan selesai dalam waktu sebulan ke depan.
Sementara itu, Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Pendi Anwar mengatakan, rencana pelebaran Jalan Tarumanegara memang telah menjadi program Pemerintah Kabupaten Karawang. Hanya saja DBMP telah salah dalam mengimplementasikan program tersebut. "Saya sepakat dengan Pak Wabup. Pelebaran jalan mestinya dimulai dari Jembatan Badami, bukan di depan Mall dan Hotel Resinda," kata Pendi.
Berdasarkan papan proyek yang terdapat di lokasi, pelebaran Jalan Tarumanegara hanya dilakukan sepanjang 129 meter dengan lebar 10 meter saja. Letaknya tepat di depan hotel dan mall Resdinda. Sementara bagian jalan lainnya belum ada tanda-tanda bakal dilebarkan. Bahkan, lubang dan gelombang jalan di sepanjang interchange Karawang Barat masih dibiarkan seperti kondisi awal. (ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template