Tembakau Hanoman, Narkoba Sintetis Mulai Mewabah di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Tembakau Hanoman, Narkoba Sintetis Mulai Mewabah di Karawang

Tembakau Hanoman, Narkoba Sintetis Mulai Mewabah di Karawang

Written By Mang Raka on Rabu, 05 Oktober 2016 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Sindikat narkoba di Karawang semakin kreatif mempertahankan jumlah pelanggan, dan menggaet pengguna baru. Salah satunya mengedarkan narkoba jenis baru berbentuk tembakau.
Narkoba di kalangan pengguna dikenal dengan sebutan tembakau Hanoman, itu ditemukan petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang di wilayah bagian timur Karawang. Kepala BNNK Karawang AKBP M Julian mengatakan, tembakau Hanoman masuk kategori narkoba, setelah pihaknya mendapatkan hasil pemeriksaan dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri. Pasalnya, tembakau tersebut mampu mempengaruhi kesadaran seseorang jika dikonsumsi. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil assessment kepada para pelajar di wilayah Karawang bagian timur. "Tembakau ini diberi nama Hanoman oleh pemakai dan pengedarnya. Tembakau ini lebih keras dari daun ganja. Sebab, jika tembakau ini diisap sebanyak tiga kali, hisapan akan menimbulkan rasa pusing dan mual. Karena tembakau tersebut sudah dicampur dengan zat kimia," kata Julian kepada wartawan, Selasa (4/10) kemarin.
Julian menambahkan, tembakau Hanoman sudah dikenal di kalangan pelajar, terutama bagi mereka yang sudah pernah mencobanya. Harga narkoba tersebut Rp 50 ribu per batang. Meski begitu, BNNK belum mengetahui siapa yang menjadi pemasok tembakau itu. "Hingga saat ini kami masih menyelidiki siapa pemasok narkoba jenis baru tersebut," kata Julian
Sebelum Hanoman, di Cikampek sudah lebih dulu beredar tembakau gorila. Seorang sumber Radar Karawang yang tidak mau disebutkan jati dirinya mengatakan, tembakau tersebut dinamai tembakau gorila karena jika seseorang yang sudah mengkonsumsinya, akan merasakan kepala jadi berat seperti diduki gorila. "Tapi, saat ini sangat jarang peminatnya. Sebab tembakau tersebut merupakan tembakau sintetis atau tembakau buatan," kata dia.
Secara kimiami, timpal Julian, tembakau gorila mengandung zat kimia yang dikenal dengan nama AB-Chminaca. Zat kimia yang terdapat dalam tembakau tersebut akan menimbulkan efek halusinasi. "Tembakau tersebut jika dikonsumsi dapat menurunkan kinerja otak. Jika dikonsumsi secara berlebihan, membuat si pemakai menjadi ketergantungan. Selain itu, efeknya bisa bikin lemot, jadi males, suka tidur, males makan," jelas Julian. (ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template