Tahun Depan Akreditasi 10 Puskesmas oleh Kemenkes - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tahun Depan Akreditasi 10 Puskesmas oleh Kemenkes

Tahun Depan Akreditasi 10 Puskesmas oleh Kemenkes

Written By Mang Raka on Selasa, 18 Oktober 2016 | 12.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Para pejabat di lingkungan UPTD Puskesmas, siap-siap digarap Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam program Akreditasi. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang rutin dinilai Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat tiga tahun sekali, garapan Akreditasi yang harus dipenuhi lebih dari 9 indikator ini bakal dinilai langsung Kementrian Kesehatan. Selain 4 Puskesmas induk tahun ini yang bertahap dinilai, sedikitnya 10 Puskesmas lainnya menyusul diakreditasi tahun depan.
Kasubag TU UPTD Puskesmas Lemahabang, H Anwar Sanusi mengatakan, ia bakal digarap akreditasi tahun 2017 mendatang yang tim asesornya dari pejabat Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Bersama 10 puskesmas lainnya di Karawang, ia tetap harus menyiapkan segala sesuatunya tahun ini, agar pada saatnya nanti akreditasi, mereksa sudah matang dan memenuhi target indikator. Baik dokumen, proses maupun lainnya untuk dimatangkan. Kesepuluh Puskesmas yang akan akreditasi tahun depan antara lain, UPTD Puskesmas Kotabaru, Karawang Kota, Jatisari, Loji, Lemahabang, Telagasari, Tempuran, Tirtamulya, Kutawaluya dan Rawamerta. "Kita siapkan segala sesuatunya dari tahun ini, kalau fokus sih 3 bulan juga bisa, tapi kan banyak kerjaan lain jadi disiapkan saat ini juga walau akreditasinya tahun depan," tambahnya.
Kepala UPTD Puskesmas Lemahabang, H Rasidi SKm mengatakan, akreditasi baginya sudah biasa, terutama saat penilaian yang asesornya dari provinsi. Namun, kali ini juga akan digelar akreditasi langsung dari Kemenkes sebagaimana aturan Permenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. Sebenarnya, tahun ini, ada beberapa Puskesmas yang sudah berjalan akreditasnya, namun satu diantaranya ada yang mundur karena sarana prasarananya belum siap yaitu Puskesmas Pedes. Diakui Rasidi, akreditasi yang digelar Kemenkes saat ini akan lebih detail sampai cheking programnya ke lapangan atau desa-desa. Untuk itu, puskesmas harus menyiapkan dokumen-dokumen penunjang akreditasi tersebut. "Akreditasi tahun ini tuh sesuai Permenkes 75 tahun 2014," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template