Sungai Cijomin Dipenuhi Limbah Padi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Sungai Cijomin Dipenuhi Limbah Padi

Sungai Cijomin Dipenuhi Limbah Padi

Written By Mang Raka on Kamis, 13 Oktober 2016 | 13.00.00

KOTABARU, RAKA - Warga Jomin Timur terutama para petani mengeluhkan pendangkalan Sungai Cijomin. Pasalnya, air sungai tersebut sering dijadikan sumber penyuplai air untuk areal pesawahan di Kampung Sukaati, Desa Jomin Timur, yang luasnya diperkirakan mencapai 30 hektare.
Pendangkalan terjadi karena ada pabrik penggiling padi yang membuang limbah gabahnya ke sungai tersebut. Bahkan saat para petani mengambil air dengan mesin pompa, tersumbat limbah padi. "Kalau musim kemarau kami sering ngambil air untuk mengairi sawah dari sungai. Karena kekurangan air. Tapi pompa yang kami gunakan sering tersumbat akibat limbah padi," ujar petani Dusun Sukaati, Desa Jomin Timur, Ajat kepada Radar Karawang, Rabu (12/10).
Sementara pemilik penggiling padi (heuleur), H Nana mengaku, menumpuknya limbah kulit padi dikarenakan saat ini sering hujan, sehingga limbahnya tidak ada yang membeli karena basah. Sedangkan pantauan Radar Karawang, knalpot pembuangan limbahnya mengarah ke sungai, padahal lahan miik H Nana masih luas. Dan knalpot pembuangan limbah bisa diarahkan ke tempat lain. "Karena basah, jadi gak ada yang beli. Makanya limbahnya numpuk. Kalau musim panas mah gak numpuk," ujarnya.
Sementara tokoh masyarakat Kotabaru, Muhammad Hasan, mengatakan, pembuangan limbah padi ke sungai dikeluhkan banyak warga. "Pantauan saya, waktu musim kemarau juga limbahnya tetap saja numpuk. Memang seharusnya knalpotnya tidak dibuang ke arah sungai," tegasnya.
Dia mendesak kepada pemerintahan desa setempat, untuk menegur pemilik penggiling padi agar knalpot pembuangan limbahnya diarahkan tidak ke sungai. "Kalau saat nyedot air gak macet. Maka pasti petani tidak akan banyak yang ngeluh atau komplen lagi. Luas sawah yang mengambil air dari sungai itu sekitar 30 hektaran," ujarnya. (zie)


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template