Sudah 52 Kasus Penyakit Kaki Gajah di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sudah 52 Kasus Penyakit Kaki Gajah di Karawang

Sudah 52 Kasus Penyakit Kaki Gajah di Karawang

Written By ayah satria on Rabu, 05 Oktober 2016 | 20.48.00

TEMPURAN, RAKA- Sosialisasi penyakit filariasis atau kaki gajah memasuki tahun ke 4, terhitung sampai tahun 2016, kasus kronis kumulatif penyakit akibat penyebaran cacing filaria ini mendera 52 orang warga Karawang.
Di sela-sela sosialisasi filariasis, dokter Fungsional UPTD Puskesmas Tempuran dr Wahyudin mengatakan, meskipun belum ditemukan kasus kaki gajah di Tempuran, tapi angka kumulatif kasus kronisnya sudah mendera 52 orang di Karawang. Bahkan korban terdekat berada di Tempuran. Jika sudah demikian, maka selain mempengaruhi ekonomi karena tak bisa lagi usaha, dampak psikologis seperti minder juga akan dialami korban.
Sebab itulah, pentingnya pencegahan penyakit yang disebabkan cacing yang disebarkan nyamuk ini. Dirinya mengajak para kepala desa dan masyarakat aktif dalam pencegahan minum obat masal (POMP) pada akhir Oktober mendatang. Disamping pihaknya juga mengajak memperkuat surveilans dan pengendalian vektor terpadu. "Jika sudah kronis, selain berdampak ekonomi juga menjadi minder," kata dia.
Lebih jauh dokter muda asal Telagasari ini menambahkan, obat jenis albendazole dan DEC ini ampuh membunuh Mikrofilaria, dan menghambat reproduksi makrofilaria. Sebab jenis cacing yang dibawa nyamuk bisa beragam, mulai dari Cacing Gelang, Kremi, Cambuk dan tambang. Untuk itu masyarakat diminta waspada dan harus meminum obat kecuali ibu hamil, menyusui, balita dan penederita penyakit berat. "Jangan tidak minum, insya Allah obatnya akan terdistribusi akhir Oktober mendatang," kata dia.
Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Tempuran, Surisno mengatakan, sejak tahun 2015 wilayah kerja di Puskesmas Tempuran mencapai 95 persen realisasi dan Puskesmas Lemahduhur 96,18 persen. Tertinggi adalah Desa Pagadungan yang mencapai realisasi POMP 97 persen, atau 4.138 warga. Meskipun sudah disosialisasikan gabungan dua puskesmas, pihaknya masih menunggu tanggal pasti pelaksanaan POMP obat filariasis ini. Semoga saja, tahun ini capaiannya bisa kembali sukses. "Tahun kemarin saja diatas 90 persen, semoga tahun ke 4 ini kembali sukses," harap Surisno. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template