Sopir 3 Kabupaten Dilatih Disiplin Lalin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sopir 3 Kabupaten Dilatih Disiplin Lalin

Sopir 3 Kabupaten Dilatih Disiplin Lalin

Written By Mang Raka on Jumat, 14 Oktober 2016 | 12.00.00

KARAWANG,RAKA - Sebanyak 50 pengemudi angkutan umum dan barang se Kabupaten Karawang, Purwakarta dan Subang mendapat pelatihan terkait tata cara berlalulintas dari Ditlantas Polda Jabar, di aula Amaris Hotel Jalan Interchange Karawang Barat, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Kamis (13/10) kemarin.

Selama Januari hingga September 2016 angka kecelakaan di Jawa Barat mencapai 6.135 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 1.514 korban. Sehingga pelatihan ini diharapkan bisa  meningkatkan etika disiplin berlalu lintas dan meminimalisir angka kecelakaan lalulintas di Jawa Barat sehingga pengemudi maupun pengendara lainnya selamat, aman, nyaman dan lancar.
Kasubdit Dikyasa Polda Jawa Barat, Kompol Satya Widhy Widharyadi, S. Ik mengatakan, saat ini, etika dan kedisiplinan dari para supir jasa angkutan baik penumpang maupun barang masih minim. Pemahaman yang sangat minim ini tentunya akan memicu gangguan keamanan. Oleh karena  itu, pihaknya berkewajiban untuk memberikan pelatihan kepada para sopir tersebut.“Fakta dilapangan seperti itu dan itu yang harus dirubah,” kata Satya.
Satya berharap, hasil pelatihan tersebut mampu mengubah kehidupan angkutan yang keras menjadi tertata dan penuh kesopanan.“Karena sebagai seorang supir, hidupnya berkaitan erat dengan lau lintas,” tambahnya .
Diakuinya,  kecelakaan yang melibatkan kendaraan jasa angkutan umum baik barang maupun orang jumlahnya cukup banyak. Hal itu sudah pasti disebabkan karena human error, baik yang lalai dalam mengecek kendaraannya ataupun menyetir seenaknya.“Angkutan ini sekali kejadiannya mengakibatkan banyak korban baik meninggal dunia maupun luka berat, jadi itu yang menjadi sorotan,” tandasnya.
 Satya menambahkan, pelatihan seperti ini bukanlah yang pertama digelar di Jawa Barat.Sebab, pihaknya sebelumnya sudah menggelar kegiatan yang sama di daerah  Tasikmalaya dan Cirebon.Tentunya, sambung dia, melalui pelatihan ini angka kecelakaan di Jawa Barat bisa diminimalisir termasuk  mengurangi kemacetan ."Sebab, tujuan utama pelatihan ini tidak lain untuk menekan angka kecelakaan di wilayah Polda Jabar," katanya.
Salah seorang peserta latihan, Adok(45) mengaku bersyukur bisa mendapatkan pelatihan tersebut. Sebab, materi pelatihan tersebut tidak berbeda dengan kehidupannya sehari-hari. "Saya senang ikut sehingga lebih paham arti rambu lalulintas," kata sopir bus karyawan PO Parahyangan ini kepada RAKA di Polres Karawang
Menanggapi sikap sopir bis karyawan yang cenderung ugal-ugalan, Adok mengatakan, perilaku seperti itu umumnya dilakukan pengemudi bus yang sudah dikejar waktu." Sebab, karyawan tidak boleh telat masuk kerja," ucapnya. Selain itu, sambungnya, perilaku seperti itu bisa dilakukan pengemudi yang baru belajar. "Makanya, dengan belajar seperti ini, kami akan lebih waspada dan hati-hati agar tidak terlibat kecelakaan," ungkapnya.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template