SMPN 1 Tempuran Punya Program Hiber - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 1 Tempuran Punya Program Hiber

SMPN 1 Tempuran Punya Program Hiber

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 13.30.00

TEMPURAN, RAKA - Hijau dan bersih. Itulah program yang tengah digalakan SMPN 1 Tempuran selama sebulan terakhir. Pihak sekolah memacu para siswa di masing-masing kelas untuk menata ruangan masing-masing, termasuk penghijauan di depan kelas mereka.
Salah seorang siswa kelas IIX A SMPN 1 Tempuran, Royana mengatakan, kelasnya dipercantik secara gotong-royong. Bukan saja karena diberikan penilaian khusus dengan iming-iming hadiah, tapi lebih pada kenyamanan belajar dan kebersihan lingkungan. Karena dengan ruangan kelas yang dicat sendiri dan halaman kelas yang dihias tanaman sampai pepohonan, cukup membuat betah berlama-lama di sekolah. "Senang kalau paling rapih dihadiahi, tapi yang penting nyaman belajar dan lingkungannya bersih dan sehat," ungkap siswa asal Desa Pancakarya ini.
Kepala SMPN 1 Tempuran Dudi Hermanto SPd mengatakan, sudah sebulan terakhir lingkungan sekolahnya semakin asri dengan taman-taman dan penataan ruang kelas dari hasil kreatifitas siswa. Pihak sekolah menginisiasi program ini sebenarnya berawal dari kunjungan anggota Komisi D DPRD Karawang di awal-awal tahun ajaran baru.
Meskipun saat itu konsentrasinya menanyakan persiapan Kurikulum 2013, tapi anggota dewan tertarik dengan kondisi sekolah yang cukup baik sarana prasarananya, sehingga sempat mengajak SMPN 1 Tempuran ikut wakili Karawang pada lomba Wiyata Mandala. Terlepas lomba ini ada atau tidak kedepannya, yang jelas lingkungan sekolah memang membuatnya tertarik untuk lebih dipercantik. Puncaknya sambung mentor Guru Pembelajaran (GP) Nasional ini, pihaknya memprogramkan hijau dan bersih (hiber) setelah membahas dan berandai-andai bersama para guru dan wali kelas.
Lebih lanjut Dudi menambahkan, program penghijauan kelas dan halamannya ini mendapat respon positif dari para siswa yang dengan semangatnya meluapkan kreatifitas dalam menata lingkungan kelasnya. Itu bukan karena pihak sekolah tidak mampu, tetapi lebih menyerap kreasi siswa. Sehingga dengan semangat, ruang-ruang kelas ditata sedemikian rupa, mulai cat-catnya yang bermotif dan tanaman pot sampai rerumputan yang ditanam dimasing-masing halaman kelas.
Para siswa sebut Dudi, dinilai langsung setiap 3 bulan sekali dan diberikan reward uang pembinaan bagi yang paling bagus. Bahkan saking semangatnya, tidak sedikit siswa yang betah berada di sekolah hingga sore hari demi mempercantik ruangan kelas dan halamannya. "Kreatifitas dan keterampilan siswa ini muncul dengan sendirinya dan diluapkan untuk ruangan kelas dan halamannya," ungkapnya.
Lebih jauh Dudi menambahkan, dengan kepedulian lingkungan dan penilaian, setidaknya lingkungan sekolah bisa semakin terjaga dan terus dipancing untuk semakin mengembangkan bakat dan pola hidup bersih disekolah. Kedepan pihaknya berencana menggelar lomba pemeliharaannya. Semua kelas akan terus dipantau perkembangannya, termasuk tema yang ditonjolkan masing-masing kelas. Misalnya, kelas apotek tanaman obat, tanaman sayur dan pengkhususan tanaman holkikultura dan lainnya. Yang jelas pihak sekolah akan menilai setiap perkembangannya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template