SMPN 1 Kartim Juara Sekolah Sehat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 1 Kartim Juara Sekolah Sehat

SMPN 1 Kartim Juara Sekolah Sehat

Written By ayah satria on Rabu, 05 Oktober 2016 | 20.57.00

KARAWANG, RAKA - Setelah meraih prestasi menjadi sekolah adiwiyata di tingkat provinsi dan melaju untuk ke tingkat nasional, kini Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Karawang Timur (Kartim) kembali meraih prestasi dengan menyabet juara sebagai sekolah sehat ditingkat Kabupaten Karawang.
Kepala SMPN 1 Karawang Timur, H Herman S.Pd, mengaku bangga setelah sekolah yang tengah dipimpinannya itu kembali meraih prestasi. Hal tersebut tak lain karena kerja keras serta kerja sama guru maupun keluaraga sekolah dalam memberikan kinerja yang baik. "Alhamdulilah sekolah kami menjadi juara kembali. Setelah kemarin mewakili ke tingkat provinsi, sekarang sekolah kami jadi juara juga untuk prestasi sekolah sehat di tingkat kabupaten, semua karena kedisplinan yang diterapkan di sekolah," katanya.
Dia menjelaskan, bahwa kriteria yang termasuk dalam sekolah sehat yitu meliputi trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang merupakan suatu program kerja sekolah. "Pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat," ucapnya.
Untuk pendidikan kesehatan, kata dia, ada pembinaan guru dan warga sekolah, pembinaan kader kesehatan remaja (KKR), sehingga program apa yang tengah dilakukan tersebut bisa berjalan secara terus menerus. "Mengintegrasikan UKS ke dalam mata pelajaran PAI, IPA, IPS, penjas dan mulok tata boga dan melaksanakan program kemitraan dengan 12 instansi, disdikpora, dinkes, puskesmas, BPLH, BKBPP, BKP, BNNK, polsek, kesra, dinas cipta karya, dinas bina marga, KIIC dan PT Pupuk Kujang," jelasnya.
Sedangkan untuk pelayanan kesehatan, tambahnya, dilakukan penyuluhan kesehatan remaja, pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan THT, pengukuran ketajaman mata serta pengujian makanan di kantin sekolah. Sehingga apa yang menjadi pelayanan kesehatan bisa terlayani. "Semuanya dilakukan pemeriksaan secara berkala," tuturnya.
Dia berharap, prestasi ini tak hanya menjadi kebanggaan, tapi sekolah sehat tersebut bisa menjadi sebuah komitmen serta kebutuhan bagi semua sekolh yang ada di Kabupaten Karawang. "Target juara memng ada, namun yang lebih penting itu bagaimana bisa terus menjalankan sekolah sehat secara terus menerus sehingga bisa menjadi kebutuhan sekolah," harapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template