SMKN 1 Plered Punya Ekskul Jurnalistik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMKN 1 Plered Punya Ekskul Jurnalistik

SMKN 1 Plered Punya Ekskul Jurnalistik

Written By Mang Raka on Senin, 03 Oktober 2016 | 12.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Ekstrakulikuler (ekskul) jurnalistik, sepertinya masih asing bagi sebagian sekolah di Purwakarta. Namun, berbeda dengan SMKN 1 Plered. Sekolah itu sudah hampir satu tahun memiliki ekskul tersebut. Tak heran, jika kegiatan itu banyak menyedot minat siswa untuk menambah ilmu di luar jam sekolah.
"Tujuannya tidak lain, agar siswa memahami tentang dunia jurnalitik. Karena ekskul ini sebagai bagian dari ilmu komunikasi," tutur pembina ekskul jurnalistik, Ajang Sarif Hidayat M.Pd akhir pekan kemarin.
Ajang mengatakan, banyak manfaat dari kegiatan ekskul jurnalistik bagi siswa. Diantaranya, kata dia, selain belajar menulis, siswa juga dilatih  tampil lebih berani. Karena sala satu materi jurnalistik adalah memburu berita. "Setelah lulus nanti, mereka akan mendapat ilmu berkomunikasi dimasyarakat," kata dia.
Kedepan, lanjut Ajang, dalam mencari berita, anak harus mampu berkomunikasi dengan narasumber dari berbagai profesi, mulai dari pedagang hingga pejabat tinggi sekalipun. Di sisi lain, ekskul jurnalistik juga mengajarkan anak agar lebih kritis terhadap apa yang terjadi di lingkungan. "Dengan kata lain, anak akan tanggap apa yang terjadi disekitarnya kemudian direfleksikan dalam bentuk tulisan,'' tuturnya.
Ajang mencatat, sebanyak 50 lebih pelajar bergabung ikut ekskul jurnalitik meski baru satu tahun dibuka. "Kami yakin kedepan ekskul ini bisa jadi kebanggaan sekolah setelah ekskul paskibra," harap Ajang.
Di tempat yang sama, Kepala SMKN Plered Muhardi M.Pd, mengaku bangga dengan adanya kegiatan ekskul jurnalitistik. Sebab, kata dia, banyak manfaat serta ilmu yang didapat para siswa yang mengikutinya. "Kegiatan ini sangat positif dan saya sangat mendukung sekali, karena saya yakin kedepan para siswa ini bakal menjadi penerus para jurnalis bangsa," kata dia. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template