Sispala Gelar Diklatsar di Puncak Sempur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sispala Gelar Diklatsar di Puncak Sempur

Sispala Gelar Diklatsar di Puncak Sempur

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 13.30.00

TEGALWARU,RAKA - Untuk meningkatkan mental dan wawasan serta kepekaan terhadap lingkungan SMAN 1 Tegalwaru yang tergabung dalam Siswa Pencinta Alam (Sispala), mengadakan kegiatan Diklatsar selama dua hari di Puncak Sempur, Desa Cintalaksana, Rabu (26/10).

Kegiatan ekstrakurikuler itu diharapkan bisa membentuk siswa yang kuat, tangguh juga peduli akan lingkungan karena pelaksanaan itupun sekaligus memperkenalkan siswa, betapa pentingnya menjaga alam yang dimiliki dan dekat dengan lingkungan sekolahnya yaitu Puncak Sempur.
Selain didampingi Organisasi Kepemudaan Oepas korak sebagai Mentor pelaksanaan, kegiatan itu juga didampingi Alumnus SMAN 1 Tegalwaru dan sejumlah Pembina Sispala SMAN 1 Tegalwaru. Kegiatan langsung dibuka Wakil kepala sekolah SMAN 1 Tegalwaru, Asep Supriatna.Spd dan didampingi oleh Pembina Sispala, Ahmad Jaenal, Angga Rahayu, juga dari OKP Oepas Korak pun langsung disaksikan kektuanya Redi Nugraha dan juga mentor senior dari Oepas Korak seperti Solihin Fuadi, Danu Madsoleh, Gin-gin Munawar, Sukendar, Edin Saepudin.
Ketua pelaksana kegiatan Angga Rahayu yang juga sebagai staf Gutu SMAN 1 Tegalwaru menyampaikan, kegiatan Diklatsar angkatan pertama yang disebut dengan diklatsar perintis cukup ideal dilaksanakan di Puncak Sempur. Hal itu karena wilayah tersebut secara aklamasi disepakati bersama sebagai puncak Konservasi bisa dijadikan sarana penting bagi pelaksanaannya Dikkatsar. Selain memiliki zona yang luas, siswa pun sambil belajar beberapa motto serius yang dilaksanakan oleh Hutan Konservasi Puncak sempur itu sendiri.
"Saya cukup apresiasi terhadap siswa yang sudah maksimal ikuti kegiatan, baik cara survive (Bertahan hidup, Red), pengenalan alam, identifikasi pepohonan dan kegiatan pengenalan alam secara luas. Saya harap kedepannya yang memang sudah disepakati bersama pihak pengelola puncak Sempur telah memberikan areal zona latihan seluas 5 hektare," paparnya.
Demikian juga yang dijelaskan  Pembina Sispala SMAN 1 Tegalwaru, Ahmad Zaenal Arifin, diharapkan Sispala bisa aktif secara serius bukan saja di SMAN 1 Tegalwaru tapi dengan sekolah-sekolah lainnya agar sejak dini memahami pentingnya menjaga alam yang Karawang miliki. Dan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut siswa bisa sejak awal memahami pentingnya menyelamatkan regulasi alam yang kini mulai semakin tua. "Alam Karawang Selatan cukup menjual dan sangat indah, sayang jika dibiarkan tanpa di rawat juga dijaga. Saya juga mengharapkan pihak lain yaitu swasta bisa juga ikut andil dalam menjaga kelestarian hutan yang Karawang miliki agar seimbang dengan zona produksi yang ada di wilayah pabrik kawasan industri," ungkapnya.
Sementara kepala suku Organisasi Kepemudaan Oepas Korak, Redi Nugraha.Spd mengungkapkan, zona latihan puncak sempur cukup mumpuni bagi semua elemen yang belajar perihal alam.Areal yang indah dan tumbuhan nya yang di jaga serius membuat sarana edukasi cukup cocok di wilayah tersebut. "Kami akan terbuka silahkan siapapun dari manapun bahwa Puncak sempur menjadi sarana yang baik bagi pendidikan semua pihak. Memang saat ini sudah banyak unsur elemen baik pabrik dan sekolah-sekolah pun ikut andik melestarikan alam Karawang selatan yang memang perlu keseriusan semua pihak untuk perduli," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template