Sekdes Belum Punya Wadah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekdes Belum Punya Wadah

Sekdes Belum Punya Wadah

Written By Mang Raka on Jumat, 07 Oktober 2016 | 12.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Forum Sekretaris Desa (Sekdes) hingga saat ini belum dialihtugaskan kembali setelah para Sekdes PNS ditarik ke kecamatan. Wadah organisasi para Sekdes yang saat ini banyak diisi non PNS itu dianggap penting sebagai wahana sharing tugas dan komunikasi tugas-tugas pemerintahan desa.
Dikatakan Sekdes Lemahabang Rahadian Iqbal SIp mengatakan, forum sekdes selama ini masih dibawah kendali Sekdes PNS yang sebenarnya sudah beralih menjadi pejabat pemerintah di kecamatan. Sehingga, para sekdes baru selama ini belum memiliki forum, baik tingkat kecamatan maupun kabupaten.
Forum ini penting sebut Iqbal, karena para sekdes ini harus berorganisasi memperjuangkan hak-haknya, sekaligus juga wadah komunikasi terkait program-program yang dibebankan kepada para Sekdes. Sehingga pemenuhan laporan baik tingkat kecamatan maupun kabupaten yang menyangkut administrasi desa cepat ditanggapi. "Keberadaan forum sangat penting untuk berorganisasi, sekaligus wadah sharing program agar sempurna di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten," harap dia.
Di singgung status SK Sekdes yang masih dibuatkan kades dan bukan bupati seperti Bendahara Desa, Iqbal mengaku hal itu menjadi urusan pemerintah daerah. Apakah Sekdes ini mau di-SK Kan bupati atau kades, baginya tidak menjadi persoalan. Selama sejalan dan serarah dengan kebijakan dan visi misi kepala desa. Meskipun bisa mempengaruhi nasibnya diberhentikan atau tidak soal SK ini, baginya semua adalah kebijakan pemkab sebagai pengatur. Karena yang pasti, antara kades dan sekdes ini ibarat dua mata uang yang memiliki tugas masing-masing. Jika kades di luar, sekdes tetap harus mengamankan dan menjamin administrasi desa tetap lancar dalam pelaporan di ruangan kantor desa. "Wah kalau itu mah urusan Pemkab kebijakannya seperti apa, kita ngikut saja," tandas dia.
Lebih jauh harapan dibentuknya forum Sekdes ini, sambungnya, bukan semata menjadi ajang menuntut hak soal kesejahteraan atau nasib. Semua tandas Iqbal urusan ke sekian, tapi yang paling prioritas ialah dibentuknya forum itu sebagai ajang tukar pikiran antarsekdes yang menyangkut program dan pelaporan selama bertugas di desa-desa. "Prioritas mah sebagai wadah sharing saja, urusan kesejahteraan dan nasib itu nomor sekian," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template