Sadar Warga Pentingnya Bersekolah Masih Rendah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sadar Warga Pentingnya Bersekolah Masih Rendah

Sadar Warga Pentingnya Bersekolah Masih Rendah

Written By Mang Raka on Selasa, 18 Oktober 2016 | 12.00.00

PANGKALAN,RAKA - Tingkat kesadaran masyarakat untuk bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi ternyata masih rendah di Kecamatan Pangkalan. Selain terbentur persoalan biaya hal lain yang memicu rendahnya kesadaran itu adalah faktor geografis yakni jarak rumah dan sekolah amat jauh disamping anggapan bahwa sekolah hanya cukup sampai bisa baca tulis.

Sangat disayangkan memang, tapi inilah kenyataannya. Ditengah era globalisasi dan modernisasi, semakin canggihnya teknologi masih saja ada masyarakat yang kurang menghargai bagaimana pentingnya pendidikan. Salah satunya, Karsinem (47), warga Kampung Cihamulu, Desa Taman Mekar menerangkan jika bersekolah tinggi bagi seorang perempuan adalah hal yang cukup mubazir.
Menurutnya jika perempuan bersekolah sampai tingkat SLTA saja sudah merupakan hal yang luar biasa karena nantinya akan tetap menjadi ibu rumah tangga yang mengurusi anak dan suami. "Bagi saya bersekolah tinggi-tinggi percuma karena anak saya yang sulung wanita cukup sampai tingkat SMA saja setelah selesai kalau dekat jodohnya saya kawinkan. Saya anggap mubazir buat apa sekolah terlalu tinggi bagi wanita karena ujung-ujungnya kawin ngurus anak dan suami saja.Yang penting bisa mengenyam sekolah bisa ngitung juga baca itu sudah cukup," katanya, Senin (17/10).
Sementara di tempat berbeda, Entis Suryana (40), warga Kampung Cikukulu Barat, Desa Cintaasih, mengemukakan hal berbeda. Dirinya mengatakan masalah biaya menjadi faktor penting dalam mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Dirinya bahkan berharap anak tunggalnya yang kini tinggal satu langkah lagi keluar sekolah karena sekarang kelas 3 SLTA di salah satu sekolah di Kecamatan Pangkalan menginginkan lanjut sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
Akan tetapi dirinya belum bisa memastikan anak semata wayangnya itu akan terus bersekolah hingga ke perguruan tinggi atau tidak tergantung keadaan keuangan nya nanti.
"Harapan saya anak saya bisa kuliah. Tapi saya lihat dulu keuangan saya bisa atau tidak. Kalau dinilai dari karakteristik sekolah dan keinginan besar di sekolahnya termasuk siswa yang cerdas dan harapan saya anak saya bisa lanjut ke jenjang yang lebih tinggi," paparnya.
Dari data jumlah warga yang pernah didapatkan oleh Radar Karawang dari pemerintah Kecamatan Pangkalan, jumlah warga dari delapan desa sekitar 32.000 Jiwa yang terdata, sekitar 24,57 persen warga yang mengenyam bangku tingkat SLTA. Lalu 38,97 persen hanya lulusan SLTP dan tingkat sekolah dasar pada tahun 2016 sekitar 12.67 Persen. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template