Ribuan Santri Peringati Hari Santri Nasional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ribuan Santri Peringati Hari Santri Nasional

Ribuan Santri Peringati Hari Santri Nasional

Written By Mang Raka on Sabtu, 22 Oktober 2016 | 14.00.00

KARAWANG,RAKA - Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karawang, Ahmad Zamaksari, akan  mengerahkan sedikitnya 5000 orang santri yang secara serentak akan membacakan sholawat Nariyah di pesantren-pesantren atau majelis taklim pada perayaan Hari Santri yang jatuh tanggal 22 Oktober 2016 (hari ini).

"Ini perayaan pertama sejak pemerintah mencanangkan Hari Santri. PKB memandang Hari Santri harus diperingati sebagai bentuk kegembiraan kaum santri yang mendapat pengakuan dari pemerintah. Kami berterima kasih kepada Presiden yang memiliki kepedulian terhadap santri," kata Ahmad Zamaksari, Jumat (21/10).
Ahmad Zamakhsyari yang akrab disapa dengan panggilan Jimmy, mengaku akan melakukan sosialisasi penetapan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober kepada kaum santri yang ada di Karawang. Sosialisasi dilakukan selain melakukan kunjungan ke sejumlah pesantren dan majelis taklim, PKB juga memasang ratusan spanduk di setiap desa, kecamatan, pondok pesantren dan juga majelis taklim.
Diharapkan dengan sosialisasi ini kaum santri mengetahui pemerintah sudah menetapkan Hari Santri sebagai penghargaan yang diberikan pemerintah kepada kalangan santri. "Kita harus bersyukur pemerintah memiliki kepedulian terhadap santri. Saya harapkan dengan ditetapkan hari santri ini para santri bisa lebih cerdas lagi dalam hal menggali ilmu agamanya ,"ungkap politisi PKB ini.
Ia menilai pemerintah Jokowi menetapkan Hari Santri Nasional karena menghargai peran santri dalam pembangunan bangsa. Kalangan santri memiliki nilai historis dalam menjaga keutuhan bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Para santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada masa perjuangan dahulu. Saat ini santri juga berperan menjaga ke utuhan NKRI dari gangguan berbagai pihak yang mencoba memecah NKRI," katanya.
Diakuinya, di era modern sekarang ini peran santri dibutuhkan negara untuk mencegah dampak negatif dari moderenisasi yang merusak ahlak generasi muda. Oleh karena itu, kata Jimmy, santri yang ada di daerah harus bisa menularkan kebaikan kepada masyarakat sekitar agar pengaruh negatif dapat dicegah. "Santri sekarang ini harus banyak didepan untuk membantu pemerintah mengatasi berbagai masalah. Santri juga punya tanggung jawab moral untuk itu," tuturnya.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template