Rajungan Makin Langka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rajungan Makin Langka

Rajungan Makin Langka

Written By Mang Raka on Sabtu, 08 Oktober 2016 | 12.30.00

-Biasa Dapat 1 Ton, Sekarang Cuma 5 Kwintal

CILAMAYA KULON, RAKA - Meskipun nampak cuaca kurang stabil karena fluktuatifnya curah hujan, masyarakat nelayan di laut Pasirputih justru tidak merasakan. Walau masih aman untuk melaut, tapi volume hasil tangkapan rajungan justru berkurang.
Dikatakan Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas pesisir (Pokmaswas) Mina Jaladri Pasirputih, Suhaeri, kondisi laut masih tergolong aman bagi nelayan memburu ikan. Walaupun di daratan angin dan curah hujan terjadi. Hanya saja, volume hasil tangkapan saat ini tidak begitu melimpah, penyebabnya bukan karena perompakan atau soal harga, tapi memang akibat rajungan yang tergolong semakin langka.
Biasanya sebut Heri, selama 15 hari 15 malam melaut, nelayan bisa dapat rajungan 1 ton lebih, tapi saat ini hanya menyisakan 5 kwintal saja. Kondisi ini sudah berlangsung beberapa minggu terakhir. Mungkin saja, rajungan yang diburu tengah berkembang biak, hingga menunggu proses yang lebih besar. "Cuaca di laut sih masih aman, tapi volume hasil tangkapannya yang menurun, biasanya 1 ton sekarang cuma dapat 5 Kwintal," keluh dia.
Senada diungkapkan Manajer Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasirputih Waryono, diakuinya, hasil tangkapan rajungan baru-baru ini mengalami penurunan hampir setengah. Selain merugikan para juragan, pemasukan retribusi ke TPI juga kurang optimal. Padahal, harga rajungan saat ini masih tergolong normal dan semakin stabil diangka Rp 40-50 ribuan perkilogramnya. Penurunan hasil tangkapan itu sebutnya, bukan karena imbas perompakan yang sebelumnya sering terjadi, atau akibat cuaca, tapi rajungannya langka di musim-musim seperti ini. "Ya kalau melautnya lama dapatnya 5 kwintal, bagaimana nelayan mau masukan retribusi? setor ke juragan saja merugi," tambah dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template