Puskesmas Tegalwaru Antisipasi Filariasis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Tegalwaru Antisipasi Filariasis

Puskesmas Tegalwaru Antisipasi Filariasis

Written By ayah satria on Kamis, 06 Oktober 2016 | 17.39.00

TEGALWARU, RAKA – Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kecamatan Tegalwaru, Rabu (5/10) melakukan sosialisasi antisipasi mewabahnya penyakit kaki gajah (filariasis). Bahkan, untuk itu jajaran muspika pun dilibatkan memerangi penyakit berbahaya itu agar bersama melakukan pencegahan.
Program Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban atau K3, cukup ideal dalam memutus mata rantai berkembangnya bakteri nyamuk Filarias. Dengan menggalakan hal tersebut maka masyarakat akan terhindar dari penyakit kaki gajah serta dengan penyakit-penyakit yang lainnya. Maka semua stageholder pun turut ambil bagian dalam menanggulangi berkembangnya wabah penyakit yang cukup di khawatirkan itu.
Hal itu diutarakan Kepala Unit Pembantu Tingkat Daerah (UPTD) Kesehatan Kecamatan Tegalwaru, H.Ujang Suryana, dalam rapat Rabu pagi di depan Kepala Desa sekecamatan Tegalwaru. Menurut dia pencegahan berkembangnya nyamuk Filariasis di wilayah Kecamatan Tegalwaru memang harus serius dilakukan karena penyakit kaki gajah itu secara klinis sulit untuk di sembuhkan secara permanen. Sehingga perlu pengawasan yang serius dari semua elemen masyarakat baik leader maupun warganya.
Sementara, Kepala Proyek Penanggulangan Penyakit Filariasis, Puskesmas Kecamatan Tegalwaru, Bunaji.Am.Kem, mengatakan, perlu keseriusan dalam mengantisipasi berkembang biaknya nyamuk-nyamuk pembawa virus Kaki Gajah itu dengan menggalakan kembali Jumat Bersih di masing-masing desa secara keseluruhan. Selain membersihkan bak air, Saluran air, rumah dan menimbun alat-alat yang tidak terpakai. “Bila perlu untuk lebih sinergisnya dilaksanakan secara serentak di masing-masing desa sekecamatan Tegalwaru. Itu akan lebih ngefek sekali kepada perkembangan nyamuk secara keseluruhan. Dan yang perlu diingat adalah mencobalah hidup sehat di rumahnya masing-masing," kata Bunaji.
Kepala Desa Cintawargi, Agus, menyambut baik tentang adanya pencegahan,Penyakit Filariasis (Kaki Gajah) di masing-masing desa secara bersamaan. Dirinya berharap bukan saja untuk penyakit akan tetapi sudah seperti kebiasaan bersama agar terciptanya wilayah yang sehat, bersih dan tertib. “Harus diagendakan menjadi keterbiasaan sehingga masyarakat akan terbiasa mempunyai pola hidup yang sehat serta mengedepankan kepentingan umum. Dan saya pun sangat apresiasi kepada Puskesmas sebagai garda paling depan tentang kebersihan di tiap-tiap desa ke depannya," kata Agus.
Ditegaskan kembali oleh Sekertaris Kecamatan Tegalwaru, Udin Samsudin.SH, dalam pandangannya memaparkan, semua kegiatan yang bersifat positif dirinya meyakini pasti akan lebih cepat direspon oleh masyarakat secara luas. Apalagi sekarang bahaya nyamuk penebar penyakit itu bukan saja Filariasis akan tetapi Nyamuk-nyamuk penebar yang lain pun mengintai wilayah Kecamatan Tegalwaru. “Tindakan kebersihan nantinya harus tetap dilaksanakan secara continue dan berkesinambungan jangan hanya ada penyakit baru kita malah bergerak. Sebelum itu terjadi maka pencegahan adalah tindakan yang lebih bijak," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template