Puluhan Mantan TKI Jadi Pengusaha - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puluhan Mantan TKI Jadi Pengusaha

Puluhan Mantan TKI Jadi Pengusaha

Written By Mang Raka on Jumat, 07 Oktober 2016 | 12.00.00

SEBANYAK 60 orang mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Karawang didorong menjadi pelaku usaha. Mereka diberikan pelatihan yang diharapkan agar tidak kembali lagi menjadi TKI di negara orang.

"Mantan TKI atau purna TKI, mereka memang diberdayakan. Mereka dilatih agar hidup mandiri," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, Suroto, kemarin saat dilauncingnya program pemberdayaan TKI purna. Pada tahun ini jumlah penerima bantuan mencapai sebanyak 60 orang yang dibagi ke dalam tiga kelompok. Mereka berasal dari  kecamatan Cilamaya Kulon,Bayusari dan Klari.
Terkait pelatihan,Suroto mengakui akan digelar selama 7 hari,mereka akan diberikan keterampilan dengan pendampingan dan permodalan dari pemerintah dan perusahaan. Dengan demikian diharapkan apa yang akan didapat,bisa menjadi ladang usaha baru,tanpa harus kembali menjadi TKI. "Untuk pelatihan,memang tidak semuanya mantan TKI,tapi kebanyakan para mantan TKI," kata Suroto.
Bantuan untuk mantan TKI tersebut berasal dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dan salah satu perusahaan PT HM Sampoerna. Suroto juga mengatakan kedepan untuk TKI Karawang akan diterpakan sistem satu pintu,dimana semua urusan terkait TKI, baik itu lembaga yang mengurusnya ada dalam satu pintu di Disnakertrans. "Kedepan tahun 2017, sistem satu pintu akan diterpakan untuk TKI, dimana proses semuanya satu atap," ujar Suroto.
Pentinganya, layanan satu atap untuk TKI, agar tidak ada lagi masalah dikemudian hari, saat ada warga Karawang yang pergi menjadi TKI, tiba-tiba ada masalah. Saat diselurusuri, ada masalah data keberangkatan ini kan yang biasanya menyulitkan pemerintah. "Layanan satu atap,perlindungan terhadap TKI yang menjadi penghasil devisa,bisa dilindungi secara baik oleh pemerintah baik daerah ataupun pusat," pungkasnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template