Program Pengentasan Kemiskinan Tidak Tepat Sasaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Pengentasan Kemiskinan Tidak Tepat Sasaran

Program Pengentasan Kemiskinan Tidak Tepat Sasaran

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 16.00.00

TEGALWARU, RAKA - Upaya pengentasan kemiskinan di wilayah Kecamatan Tegalwaru belum mendapatkan hasil maksimal. Pemerintah belum serius mengentaskan persoalan itu. Seharusnya program reformasi kemiskinan bisa menjadi solusi menekan tingginya angka kemiskinan.

Masyarakat miskin khususnya belum bisa merasakan adanya perubahan besar yang pemerintah baik pusat dan provinsi laksanakan. Pasalnya prioritas program belum seratus persen tepat sasaran. Berbagai pola program belum bisa hingga berhasil sukses. Terlebih program dari hulu ke hilir belum secara serius dilaksanakan di lapangan.
Dengan memberikan suatu program pengentasan kemiskinan skala panjang dengan teknis pemberian kail pancingan mungkin masyarakat akan menyikapinya serius agar adanya perubahan di dalam kehidupan ekonomi mereka.
"Berbagai teknis bantuan memang sering digulirkan oleh Pemerintah, namun sering sekali tidak tepat sasaran bahkan program apapun yang berkenaan dengan pengentasan kemiskinan malah ditanggapi oleh masyarakat dengan pola fikir terbiasa," ucap tokoh masyarakat Kecamatan Pangkalan, Surya Alamsyah.SPd, Rabu (26/10).
Kendati demikian Surya pun mengatakan teknis bantuan dari pemerintah sebetulnya bukanlah tidak tepat namun ada yang lebih mendidik masyarakat lebih berfikir agar bantuan tersebut bisa di pergunakan dalam jangka panjang. Berbelit-belitnya birokrasi pun sebagai batu sandungan warga lebih memilih diam di banding berusaha,Karena saat ini konsep instant sering dilemparkan swasta padahal mereka hanya meraup keuntungan belaka. “Coba beri bantuan dalam skala berjangka dan jangka panjang. Jangan di biarkan berlarut-larut, masyarakat cenderung lebih memilih birokrasi instant. Makanya banyak sekali program dan peluang yang diberikan swasta malah dipilih dengan cepat. Beri kail pancing biarkan masyarakat yang berjuang sendiri untuk memancingnya. Jika mereka aktif dan kreatif maka mereka akan mendapatkan ikan yang besar, namun jika tidak aktif dan kreatif maka harus terima ikannya kecil. Saya yakin masyarakat akan lebih serius dalam memanfaatkan dana-dana bantuan ekonomi tersebut," paparanya.
Menurut tokoh masyarakat lainnya, Sulaiman. Spd.I yang juga dosen di Universitas Pakuan, Bogor, birokrasi yang singkat memang menjadi primadona masyarakat sekarang. Kredit modal kecil yang swasta gulirkan menjadi incaran masyarakat terutama masyarakat usaha jenis mikro, karena prosesnya tidak berbelit-belit. Jika pemerintah dengan UMKM nya bisa seperti swasta, kemungkinan masyarakat pun akan lebih menyukai. “Tidak sedikit sekarang pelaku usaha pinjaman dengan skala kecil namun bunga besar, yaitu jenis pinjaman kredit yang biasa orang sini bilang Tuyul, keluar masuk kampung dengan  nyaman. Masyarakat pun terbantu dengan kehadiran mereka karena mereka lebih langsung dan tanpa menggunakan birokrasi yang ribet. Pinjaman diberikan terutama kepada usaha mikro. Nah usaha tersebut memang di perkampungan tumbuh subur dan saya harapkan pemerintah pun harus bisa seperti tukang tuyul tersebut," ujarnya.
Sementara Nina (34) pemilik warung serba ada di Kampung Cisaar, Desa Kutamaneuh menyampaikan, dirinya tidak mau meminjam uang di salah satu instansi pemerintah, baik Bank, pinjaman UMKM, pinjaman apapun yang berdekatan dengan pemerintah dengan alasan karena terlalu ketat dan banyak nya birokrasi. “Daripada minjem ke bank lebih baik minjem ke Tuyul tidak pake ribet harus tanda tangan dan segala cara. Terlebih harus pake agunan, padahal jika bank teknisnya seperti Tuyul mungkin warga banyak yang mau minjem untuk modal usaha. Memang kadang ada juga program pemerintah pinjaman, belum apa-apa malah sudah ada pemotongan," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template