Program Dokter Cilik Harus Dipahami Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Dokter Cilik Harus Dipahami Siswa

Program Dokter Cilik Harus Dipahami Siswa

Written By Mang Raka on Selasa, 04 Oktober 2016 | 15.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Guru Upaya Kesehatan Sekolah (UKS) dari 30 SD di Kecamatan Lemahabang mengikuti pembinaan dan evaluasi program Dokter Cilik (Dokcil) di aula kantor UPTD Puskesmas Lemahabang Senin (3/10).
Dikatakan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Puskesmas Lemahabang H Anwar Sanusi SKm bahwa pembinaan dan evaluasi dokter cilik ini merupakan termin ke 2 tahun ini. Tujuannya untuk melihat sejauh mana guru UKS ini mendampingi dan membina para dokter cilik siswanya selama ini. Karena, menunjuk 10 orang siswa per SD dengan cara menyeleksi kriteria, bukanlah hal yang mudah. Karena, status dokter cilik ini selain harus memiliki prestasi sekolah dan berbadan sehat, juga dianjurkan memiliki watak pemimpin dan bertanggungjawab. Selebihnya si anak juga sigap dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), juga harus seizin orangtua. "Kita ingin evaluasi dan pembinaan di termin 2 ini sejauh mana perkembangan dokcil di sekolah masing-masing," jelas dia.
Anwar menambahkan, peran dokter cilik ini penting sebagai teladan kesehatan bagi siswa lainnya, karena dibekali masalah kesehatan, P3K untuk kemudian diteruskan kepada teman-temannya. Hanya saja diakui Anwar, disaat Dokcil digalakan setiap tahun untuk menciptakan lingkungan sehat dan kebugaran, di sisi lain kadang sarana prasarana sekolah juga kurang memadai seperti kurangnya MCK, kondisi lapangan yang kumuh dan lainnya.
Pihaknya tidak bisa mengintervensi soal ini, karena urusan sarana kesehatan menjadi urusan pemerintah daerah (Pemda) lewat instansi terkait. Sebab di Puskesmas hanya sebatas penyuluhan agar para siswa menerapkan PHBS dan galakan Jumat Bersih (Jumsih). "Satu sisi kita bina UKS dan Dokcilnya, di sisi lain kadang-kadang lingkungan sekolahnya juga kurang sehat," tandas dia.
Lebih jauh Anwar yang juga asal Desa Pasirtanjung ini menambahkan, pentingnya pembinaan bagi guru UKS ini, karena dokcil asal Lemahabang akan diikutsertakan dalam lomba tingkat kabupaten. Lomba sendiri akan digelar pada 5 Oktober ini seputar cerdas cermat dan penguasaan materi dokcil. Diharapkan, para guru UKS ini bisa mendukung maksimal agar muncul para dokter cilik handal yang bisa menjuarai prestasi lomba mendatang. "Kita persiapkan untuk lomba dokcil tingkat kabupaten semoga saja menyabet prestasi," harap dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template