Pramuka Wadah Pengembangan Diri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pramuka Wadah Pengembangan Diri

Pramuka Wadah Pengembangan Diri

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Kegiatan pramuka dianggap memiliki banyak mamfaat bagi pelajar. Hal itulah yang membuat setiap sekolah mulai jenjang SD, SMP, sampai SMA diwajibkan ada ekstra kulikuler (ekskul) pramuka.
Pegiat pramuka asal SMAN 2 Cikampek, M Afdan Fauzan mengatakan, ekskul pramuka merupakan wadah pembentukan karakter dan kedisiplinan bagi para generasi bangsa Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang. Sehingga kata dia, generasi bangsa bisa memiliki karakter atau kepribadian yang kuat, ulet, penuh semangat, inovatif, pantang menyerah, disiplin dan bekerja keras. Nantinya bisa mendorong kemajuan bangsa. “Sebaliknya, apabila karakter generasi muda ini tidak terbangun, maka itu akan menghancurkan masa depan bangsa. Nah, di pramuka kita benar-benar akan dididik untuk menjadi generasi muda dengan karakter yang baik dan penuh kedisiplinan,” katanya.
Bagi dia, pramuka dapat digunakan untuk ajang melatih diri meraih kesuksesan. Karena dalam meraih sebuah kesuksesan, tidak bisa hanya duduk santai dan menunggu sampai kesuksesan itu datang. Kesuksesan akan datang apabila mau bekerja keras, kerja cerdas dan disiplin. "Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, semua tergantung dari diri sendiri mau apa tidak untuk melakukan itu," ungkapnya.
Masih disampaikan dia, bahwa dengan adanya kecintaan siswa pada kegiatan pramuka, secara tidak langsung mampu meningkatkan semangat bela negara. “Setiap warga negara berkewajiban untuk melakukan bela negara, agar keutuhan suatu negara tetap terjaga. Di pramuka, pengembangan sifat patriotisme telah dilakukan sejak dini, sehingga semangat bela negara generasi muda pun sudah muncul sejak dini,” jelasnya.
Selain itu, kata dia, pramuka bisa dijadikan alat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. “Di pramuka kita juga akan dilatih untuk mengembangkan kekompakan, solidaritas dan toleransi. Pendidikan seperti itu sangat dibutuhkan apabila kita sudah terjun ke masyarakat. Kita sebagai makhluk sosial tentu membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari kita,” pungkasnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template