Pindang Banyusari Belum Dilirik Pemkab - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pindang Banyusari Belum Dilirik Pemkab

Pindang Banyusari Belum Dilirik Pemkab

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 15.00.00

BANYUSARI, RAKA - Aroma ikan pindang Desa Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, ternyata sudah tercium hingga berbagai daerah di Jawa Barat. Meski berpotensi menguasai pasar di Pulau Jawa, minimnya modal jadi kendala.
Samsudin (45) pelaku usaha ikan pindang dari Dusun Pendey RT 01/09 Desa Cicinde Utara, mengatakan, pemkab perlu melakukan pembinaan, agar para pelaku usaha kecil menengah itu bisa terus berkembang. "Sudah 20 tahun lebih saya menggeluti usaha ikan pindang. Namun belum ada pembinaan dari dinas terkait," ujar Samsudin kepada Radar Karawang, Rabu (26/10)
Masyarakat di Dusun Pendey, kata Samsudin, mata pencaharian masyarakatnya mayoritas berjualan ikan pindang. "Kalau dibina, produksi ikan pindang dari Cicinde Utara lebih luas lagi pemasarannya," ujarnya.
Dia sendiri mengaku selama ini produksi ikan pindangnya baru dijual hanya di Pasar Johar Karawang. Belum merambah ke luar kabupaten lain. Setiap hari menjual ikan pindang dari berbagai jenis ikan, seperti bandeng dan tongkol dipasarkan di Pasar Johar. "Tidak lebih dari 1 ton ikan pindang terjual di Pasar Johar," ucapnya.
Menurutnya, peranan Pemkab Karawang seperti Dinas Koperasi, seharusnya turun langsung ke Dusun Pendeuy Cicinde Utara, para pelaku usaha ikan pindang membutuhkan koperasi. Pasalnya, melalui koperasi akan mempermudah penambahan modal usaha. "Harus dibentuk koperasi ikan pindang. Agar para pelaku usaha mudah menambah modal usahanya," ujarnya.
Dia juga menambahkan, dalam kondisi sekarang para pelaku usaha ikan pindang kesulitan untuk membeli gas 3 kg. "Susah banget membeli gas 3 kg untuk memasak ikan. Jika ada koperasi ikan pindang maka tidak akan terjadi kesulitan bagi para pelaku usaha ikan pindang," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template