Pesta Nelayan Ciparage Tujuh Hari Tujuh Malam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pesta Nelayan Ciparage Tujuh Hari Tujuh Malam

Pesta Nelayan Ciparage Tujuh Hari Tujuh Malam

Written By Mang Raka on Rabu, 05 Oktober 2016 | 14.00.00

TEMPURAN, RAKA - Nadran laut atau pesta syukuran masyarakat pesisir ke 1, akan kembali digelar di laut Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran. Tak tanggung-tanggung, nadran yang puncaknya bakal melepas kepala kerbau ke dasar laut Karawang, itu digelar selama 7 hari 7 malam berturut-turut. Yaitu dari tanggal 7-13 Oktober mendatang.
Manajer Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparagejaya, Kabun S.PdI mengatakan, beragam rentetan acara sudah dipersiapkan hingga hari H, Minggu 13 Oktober mendatang. Bersama Koperasi Produksi Perikanan Laut (KPPL), akan ada beragam suguhan kegiatan seni dan budaya panturaan, hingga kegiatan sosial. Bahkan, untuk memuluskan hajat besar para nelayan ini, lokasi pelelalangan ikan akan digeser sementara. Dan akses-akses jalan menuju TPI dipastikannya mulus. "Target kunjungan nadran laut kali ini bisa menembus puluhan ribu orang, yang disosialisaiskan melalui spanduk dan rapat-rapat minggon," ujarnya.
Kades Ciparagejaya ini menambahkan, selain akan dihadiri Bupati Cellica di puncak acara, kegiatan sosial juga digelar setiap hari. Ia merinci seperti santunan 360 anak yatim, itsbat nikah massal sebanyak 25 pasangan, dan sunatan massal sebanyak 25 anak. "Semuanya diambil dari masyarakat Ciparagejaya," tuturnya.
Sementara hiburannya, akan diadakan pagelaran wayang kulit, panjat pinang, tarling dangdut, sandiwara, sintren dan pesta kembang api 1 jam penuh. Semuanya sambung Kabun, akan dipusatkan langsung di TPI KPPL Ciparagejaya. Ia berharap dengan kegiatan pesta ini, para nelayan bisa semakin bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan hasil laut yang menjadi sumber kesejahteraan. Karena sebut Kabun, Ciparagejaya merupakan TPI terbesar di Karawang, penyumbang 50 persen retribusi perikanan terbanyak dari TPI-TPI lainnya. "Bupati insya Allah hadir di puncak acara nanti. Semoga saja beragam kegiatannya bisa lancar," pungkasnya.
Camat Tempuran Suwandi S.Ip berharap, nadran tahun ini bisa lebih baik dan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ia meminta pejabat Pemkab Karawang difasilitasi sebaik mungkin di puncak acara, yang akan menaruh kepala kerbau di dasar laut Pulokarang. "Semoga nadrannya bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya. (rud)

Agenda Pesta Laut Ciparage

7 Oktober
Santapan rohani KH Hasan Wahyudin dari Indramayu
8 Oktober
Sunatan, nikah massal dan santunan yatim
Wayang kulit Dalang Udama dari Subang
Pesta kembang api
Panjat pinang

9 Oktober
Acara puncak larung kepala kerbau
10 Oktober
Tarling dangdut
11 Oktober
Sintren Indramayu
12 Oktober
Sandiwara Panca Indra Pimp Titin Sumarni dari Indramayu
13 Oktober
Tarling dangdut Setianada

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template