Peserta LDKS MAN 4 Karawang Diarahkan Gunakan Internet Positif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Peserta LDKS MAN 4 Karawang Diarahkan Gunakan Internet Positif

Peserta LDKS MAN 4 Karawang Diarahkan Gunakan Internet Positif

Written By Mang Raka on Selasa, 25 Oktober 2016 | 14.00.00

KUTAWALUYA, RAKA- Ada yang berbeda dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Karawang. Peserta tak hanya dijejali materi kepemimpinan tapi juga disisipkan materi tentang kekuatan media sosial.
Salah seorang alumni MAN 4 Karawang Asep Ahdiat mengatakan, perkembangan teknologi komunikasi telah membawa perubahan cara berkomunikasi. Saat ini, hampir setiap orang dapat mengakses internet secara rutin, baik untuk mengirim pesan, mencari data dan informasi, membaca berita, atau untuk berinteraksi melalui media sosial. "Berkembangnya berbagai macam media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan jejaring sosial lainnya, membuat informasi apapun dapat dengan mudah masuk ke ruang lingkup kehidupan kita. Menyikapi hal ini, kita harus pandai dalam memilah dan memilih informasi,” ujarnya, baru-baru ini.
Diteruskannya, ia menekankan pentingnya memilih informasi mana yang dapat disebarkan ke masyarakat luas dan informasi yang sifatnya peribadi sebelum informasi tersebut dibagikan ke publik. Ia menyebutkan beberapa etika yang harus diperhatikan, yaitu tidak mengumbar informasi pribadi, menggunakan kata-kata yang layak dan sopan, menghargai orang lain, tidak menilai berita hanya dari judulnya. "Memberikan opini berdasarkan fakta dan bukan asumsi, serta menghindari penggunaan media sosial jika sedang dalam keadaan emosi," ungkapnya.
Dalam kegiatan yang memiliki tema 'You are the next generation, it’s time to change, it’s time to show' ini, Asep menuturkan, perkembangan teknologi informasi sedikit banyak mempengaruhi hampir semua organisasi, termasuk organisasi sekolah. Kekuatan media sosial juga bisa mempromosikan organisasi atau sekolahnya itu sendiri, sebagai wadah yang menarik bagi pelajar. "Mempromosikan organisasi atau sekolah baik dalam segi kegiatan atau pembelajaran bisa dengan konten-konten yang menarik, entah dalam bentuk tulisan, meme, video, ataupun gambar. Dengan catatan cara membuat rilis atau berita di media sosial, selain lucu, konten yang dibuat harus bijak, mendidik serta menyentuh sisi kemanusiaan," pungkasnya. (asy)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template