Pertama PKL, Siswi SMK Iptek Gugup - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pertama PKL, Siswi SMK Iptek Gugup

Pertama PKL, Siswi SMK Iptek Gugup

Written By Mang Raka on Rabu, 26 Oktober 2016 | 15.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Praktik kerja lapangan bagi para pelajar sekolah menengah kejuruan, menjadi ajang untuk meningkatkan kompetensi. Biasanya, mereka akan mendapatkan tugas lapangan selama dua bulan dari sekolah. Pekerjaannya, tentunya berkaitan dengan kompetensi jurusan masing-masing.
Sarini, Hartati, Komalasari dan Titin Arnani adalah siswi SMK Iptek Cilamaya yang tengah mendapatkan tugas PKL di kantor Badan Penyuluhan Pertanian, Peternakan dan Kalautan (BP3K) Cilamaya Wetan. Keempatnya, kini duduk di bangku kelas XI dengan program kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran.
Kata Sarini yang mewakili tiga rekannya, para pelajar yang disebar di sejumlah kantor pemerintahan itu membantu mengerjakan tugas-tugas administrasi di kantor-kantor instansi tersebut. Di sana, mereka menimba pengalaman secara langsung. Bukan hanya teori.
Katanya, ia bersama 3 rekan lainnya ditugaskan PKL di kantor BP3K selama 2 bulan. Kemarin, dirinya sudah 1,5 bulan menggeluti administrasi kantor, meski sekedar membantu pekerjaan para abdi negara. Selain menambah ilmu dan pengalaman, kerumitan yang dihadapi dijadikan sebagai bahak evaluasi dan introspeksi terkait urusan administrasi di wilayah perkantoran pemerintahan.
Dikatakannya pula, semua hasil PKL akan diseminarkan di hadapan guru-guru. Apa saja hasil selama belajar dan PKL di instansi ini. "Kita sudah 1,5 bulan di sini, mengasyikan sih. Bisa nambah ilmu dan pengalaman, utamanya urusan administrasi kantor sesuai kompetensi keahlian kita," sebutnya.
Siswi lainnya, Komalasari mengatakan, selama PKL dirinya tidak jauh dari pencatatan penulisan dan dokumentasi setiap kegiatan di BP3K. Termasuk saat rapat-rapat penyuluhan, apalagi yang datang dari kalangan pejabat. Meskipun agak gugup dan tegang menghadapi tamu-tamu pejabat, namun lama-lama menjadi biasa. Kini, ia paham bagaimana tugas seorang administrator maupun menjadi orang lapangan.
Dimana setiap kegiatan dan program harus tertata rapi dalam pencatatan dan ramah dalam setiap penyambutan. "Tegang dan gugupnya saat menerima tamu dari para pejabat daerah, tapi ya itu bagian pengalaman," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template