Penyaluran Tenaga Kerja Lewat Disnakertrans - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penyaluran Tenaga Kerja Lewat Disnakertrans

Penyaluran Tenaga Kerja Lewat Disnakertrans

Written By Mang Raka on Selasa, 25 Oktober 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Agenda kunjungan organisasi kepemudaan Karang Taruna (KT) ke sejumlah perusahaan di sejumlah kawasan industri di Karawang ternyata masih berbuntut. Kemarin (24/10), Wakil Bupati Ahmad Zamaksari menandaskan kecurigaannya kalau kunjungan kerja pengurus KT itu dilakukan sebagai modus untuk menitipkan calon tenaga kerja atau jatah CSR (Corporate Social Responsibility).

"Ini tidak boleh dibiarkan bisa mengancam iklim investasi di Karawang karena perusahaan akan merasa terganggu," kata Wabup yang akrab disapa dengan panggilan Jimmy.
Dia menegaskan, apa yang dilakukan KT harus dihentikan dan tidak boleh dibiarkan terus berlangsung. Apalagi Pemkab Karawang sedang gencar meningkatkan investasi. Investor harus diberikan kenyamanan untuk menjalankan usahanya di Karawang jika mendapat gangguan hal ini bisa berdampak terhadap investasi. "Jangan sampai investor menjadi tidak nyaman karena dituntut terus oleh Karang Taruna," katanya.
Dikatakannya, pihaknya tidak melarang KT masuk ke industri, tapi polanya harus sejalan dengan program Pemkab Karawang. Sementara, pemkab sendiri sudah menetapkan untuk rekrutmen tenaga kerja harus satu pintu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang. "Salah kalau rekrutmen tenaga kerja beberapa perusahaan dipaksakan melalui Karang Taruna," tuturnya.
Jimmy berjanji akan turun ke perusahaan-perusahaan terkait rekrutmen tenaga kerja beserta dengan para anggota DPRD. "Saya tidak akan sendiri ke perushaan, tapi bersama DPRD. Karena, kalau sendiri khawatir dituding pencitraan," tuturnya.
Sementara, Ketua Karang Taruna Rengasdengklok Abun Yamin Syam tak menampik sejumlah pengurus dan anggota KT melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan. Namun, kunjungan tersebut sebagai hal yang lumrah dan tidak ada permasalahan. "Salah kalau ada yang mengaku terganggu dengan kunjungan kami. Buktinya, beberapa perusahaan menyambut baik kedatangan kami," terangnya ketika ditemui di sekitar GOR Panathayuda Karawang.
Abun menambahkan,  pihaknya melakukan kunjungan ke perusahaan perusahaan tersebut untuk memperkenalkan diri kepada pihak perusahaan terhadap keberadaan Karang Taruna. Dalam kunjungan tersebut, sambungnya, pihaknya mencoba untuk membuka peluang kerjasama dengan perusahaan dengan mengkaryakan para pemuda. "Memang kami mengajak kerjasama untuk rekrut tenagakerja dan CSR. Jadi, apa ada yang salah dengan itu," timpalnya.
Menurutnya, kunjungan kerja tersebut untuk membuka peluang pemerataan potensi industri ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. Karena, selama ini keberadaan industri hanya dinikmati oleh masyarakat sekitar perusahaan saja. "Ini (pemerataan) yang sedang kami perjuangkan. Karena industri ini milik seluruh masyarakat Karawang," tandasnya. (ops)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template