Penjagaan Lapas Warungbambu Diperketat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penjagaan Lapas Warungbambu Diperketat

Penjagaan Lapas Warungbambu Diperketat

Written By Mang Raka on Selasa, 25 Oktober 2016 | 12.00.00

KARAWANG,RAKA - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Warungbambu, memperketat keamanan, baik terhadap warga binaan maupun pengunjung. Hal ini dilakukan agar peristiwa ledakan bom yang terjadi di lapas Lhokseumawe tidak terulang di Lapas Karawang.

Zaenal Arifin, Kalapas kelas II-A Warungbambu mengatakan itu, Senin (24/10). Ditandaskannya, pasca ledakan di lapas Lhokseumawe, dirinya menginstruksikan seluruh pegawai lapas untuk merapatkan barisan dan meningkatkan kesiagaan. Meski tidak melakukan perubahan sistem jaga yang tetap dibagi dalam dua regu yang ditempatkan di pintu utama pemeriksaan masuk dan pintu kedua pemeriksaan barang bawaan pengunjung ke dalam lapas.
"Kami antisipasi paska ledakan bom di Lapas Lohkseumawe Aceh dengan cara melakukan pendekatan persuasif  kepada warga binaan. Salah satunya dengan melibatkan warga binaan dalam kegiatan yang positif termasuk  senam bersama," kata Zaenal.
Selain itu, tambah Zaenal,  pihaknya juga melakukan sosialisasi ke setiap blok-blok agar keadaan di lapas aman dan kondusif. Serta memeriksa barang-barang bawaan yang dibawa oleh pengunjung yang akan diberikab kepada warga binaan."Di setiap pintu masuk kita lakukan pemeriksaan ekstra ketat kepada para pengunjung, intinya untuk menghindari adanya oknum pengunjung yang mengelabui petugas untuk membawa barang berbahaya ke dalam lapas," ungkapnya.
Dikatakan Zaenal, penjagaan ketat yang dilakukan seluruh petugas Lapas Karawang. Tidak hanya dilakukan terhadap para pengunjung laki-laki, namun pemeriksaan dilakukan juga terhadap pengunjung perempuan. Khusunya pengunjung perempuan yang memakai pakaian tertutup, seperti baju gamis dan bercadar. "Kalau pemeriksaan terhadap pengunjung laki-laki paling dari barang bawaan dan jaket yang digunakan. Tapi untuk pengunjung perempuan kami periksa secara detail dan dilakukan oleh petugas wanita, hal ini untuk mengantisipasi adanya tahanan yang kabur," terangnya.
Selain pemeriksaan secara manual sebanyak dua kali, pemeriksaan  menggunakan alat pendeteksi logam (metal detector) juga tetap dilakukan. Petugas juga melakukan pengawalan terhadap pengunjung yang selesai menemui krabatnya di dalam lapas, bahkan untuk warga yang berkunjung terutama di masa libur lebaran hingga saat ini batas waktu berkunjung dibatasi. yakni sekitar 30 menit, itupun sesuai antrian kunjungan. "Untuk pengunjung kami kawal hingga pulang menuju pintu kluar, terutama untuk pengunjung perempuan. Hal ini dilakukan untuk memastikan  pengunjung perempuan tersebut  betul-betul pulang seorang diri, " ucapnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template