Pemkab Mulai Incar Jui Shin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Mulai Incar Jui Shin

Pemkab Mulai Incar Jui Shin

Written By Mang Raka on Selasa, 18 Oktober 2016 | 19.27.00

KARAWANG, RAKA - PT Jui Shin Indonesia (JSI) berada di wilayah Bekasi, namun dampaknya dirasakan masyarakat Karawang. Lalu-lalang kendaraan dari dan menuju pabrik semen yang didirikan di seberang Sungai Cibeet, itu kerap dikeluhkan karena membuat bising, macet, bahkan kecelakaan lalu lintas.
Sekda Karawang Teddy Rusfendi Sutisna mengatakan, keberadaan JSI memang merugikan Karawang. Meski berada di wilayah Bekasi, tapi akses jalan yang digunakan hanya melalui wilayah Karawang. "Memang sudah jelas merugikan Karawang, sehingga dengan adanya masukan masyarakat kita akan turun ke lapangan," katanya, Senin (17/10).
Ditambahkan, pihaknya diinstruksikan Bupati Cellica Nurrachadiana, segera menugaskan Dinas Perhubungan dan Satpol PP turun ke lokasi tempat eksplorasi PT JSI. "Belum ada amdal lalinnya, makanya saya diinstruksikan oleh ibu (Bupati Cellica) tadi untuk menyuruh Dishub dan Pol PP," ujarnya.
Kenapa Pemkab Karawang baru bereaksi? Sekda mengaku dilema karena jika jalan menuju Jui Shin ditutup, di sana juga ada perusahaan yang masuk Karawang. "Kita bukan diam selama ini, tapi dilema. Tapi dengan kondisi seperti sekarang yang lebih banyak kerugian, pemerintah akan turun ke lapangan sambil meminta provinsi untuk meninjau ulang izin JSI," kelitnya.
Seperti diketahui, selama ini sejumlah kalangan mempersoalkan sikap Pemkab Karawang yang terkesan mendiamkan aktivitas eksplorasi PT Jui Shin Indonesia, meskipun proses perizinannya belum lengkap. "Kedatangan kami ke sini untuk menindaklanjuti surat kami yang pertama pada bulan Agustus lalu, yang intinya ultimatum kepada pemkab untuk segera bertindak tegas kepada PT JSI," ujar Humas LSM Kompak Fauzi Hamid di Karawang, Senin (17/10).
Dia meminta Pemkab Karawang untuk segera menindak PT Jui Shin Indonesia yang merugikan warga sekitar, terlebih kerusakan jalan di wilayah selatan. Apalagi disebutkannya, sampai saat ini PT Jui Shin belum memiliki Amdal Lalin. "Kalau dalam beberapa waktu ke depan pemkab tetep diam, kami akan lakukan aksi gerakan moral bersama masyarakat sekitar di Karawang Selatan," katanya. (dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template