Pemkab Karawang Lembek Hadapi Jui Shin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Karawang Lembek Hadapi Jui Shin

Pemkab Karawang Lembek Hadapi Jui Shin

Written By Mang Raka on Senin, 31 Oktober 2016 | 20.30.00

KARAWANG, RAKA - Entah apa yang membuat Pemerintah Kabupaten Karawang belum tegas menghentikan pertambangan batu kapur di karst Pangkalan. Padahal, eksploitasi yang dilakukan oleh PT Jui Shin itu ilegal.
Seperti yang terjadi di Kampung Gededeg, Desa Kertasari, Kecamatan Pangkalan, dua alat berat melakukan pengerukan. Hal itu diketahui saat Sekretaris Komisi C DPRD Karawang, Suryana mendatangi lokasi tersebut. "Ini tidak bisa dibiarkan. Bencana pasti mengancam pemukiman jika terus dilanjutkan. Pemkab harus menghentikan, karena tak berizin," ungkapnya, Sabtu (29/10).
Menurut dia, akibat adanya kebutuhan perusahaan semen PT Jui Shin, warga sekitar kurang memperhatikan ekosistem yang sewaktu-waktu mengancamnya. "Kawasan karst Pangkalan harus dilindungi. Pemkab Karawang harus tegas dan berkomitmen menjadikan Karawang Selatan sebagai obyek pariwisata alam, dengan melestarikannya. Jangan sampai karena rupiah, punah sudah kehidupan," tandas Suryana.
Sekretaris DPD Partai Golkar ini mengaku akan memanggil pihak terkait, agar segera menghentikan pertambangan tersebut. "Ini apa-apaan, di lingkungan pemukiman eksploitasi sampai menggunakan 2 backhoe. Ini jelas tidak benar. Apalagi lihat itu, masa jalan kampung selalu dilalui dump truck. Ini segera harus dihentikan," imbuhnya.
Warga setempat, Abdul Rozak mengatakan, warga di sekitar lokasi sebetulnya tidak menyetujui aktivitas pertambangan tersebut. Namun, karena ada sesuatu hal, akhirnya warga pun cenderung acuh tak acuh. "Beberapa kali warga sudah keberatan. Mungkin karena memang tanah hak milik, jadi ya akhirnya seperti ini," katanya.
Diketahui, tanah yang persis berada di belakang pemukiman Kampung Geredeg, merupakan hak milik perseorangan yang saat ini berdomisili di luar pulau. Melalui salah seorang perantara, kata Rozak, akhirnya dieksploitasi untuk menyupali kebutuhan bahan baku silika ke PT Jui Shin. Ia berharap, dengan kehadiran legislator partai Golkar ke lokasi, bisa membantu menutup aktivitas pertambangan tersebut.
"Kami ingin pertambangan dihentikan. Khawatir bencana longsor menimpa kampung ini," harapnya.(dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template