Pemda Didesak Luncurkan Program Tong Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemda Didesak Luncurkan Program Tong Sampah

Pemda Didesak Luncurkan Program Tong Sampah

Written By Mang Raka on Senin, 10 Oktober 2016 | 12.00.00

KLARI, RAKA – Desakan untuk diadakannya regulasi bagi warga yang membuang sampah sembarangan kian menguat, tanpa terkecuali masyarakat yang berada di Kecamatan Klari. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, sebelum meluncurkan program pengentasan sampah.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lodaya, Nace Permana, disela-sela program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di Aula RS Mandaya, Minggu (9/10), mengatakan itu kepada Radar Karawang. Menurut dia, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah harus ditumbuhkan lebih dulu. "Tingkat kesadaran masyarakat masih rendah. Hal tersebut menjadikan kepedulian lingkungan yang bersih masih jauh dari harapan,“ terang Nace.
Nace melanjutkan, dalam mengatasi kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Karawang, sudah dilakukannya desakan terhadap  Pemerintah Daerah untuk segera menanggapi persoalan kebersihan lingkungan yang sampai saat ini belum dapat terpecahkan. Hal itu menjadikan  pembuatan regulasi sudah diajukannya. “Untuk Regulasi sejak tahun 2007 pun, kami sudah mendesak agar pemerintah segera adakan regulasinya agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.
Namun respon pengajuan regulasi tidak terealisasi oleh Pemerintah Daerah, akan tetapi, lanjut Nace, upayanya dalam mengatasi persoalan sampah di Kabupaten Karawang yang kian membengkak, disetiap daerah, telah dilakukan pihaknya, dengan adanya program Bak sampah, yang dicanangkan sejak tahun 2007 lalu. “Untuk  mengatasi persoalan sampah, kami memang sudah adakan program Bak sampah tukar, jadi nanti sampah yang dikumpulkan warga bisa ditukar dengan vocher nantinya,” paparnya.
Program pengadaan bak sampah, terang Nace, masih berskala kecil, belum secara menyeluruh program tersebut dapat dilaksanakan oleh seluruh masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Karawang. “Mesti masih ada beberapa golongan saja yang tetap menjalankan program ini, namun sampai sekarang masih berjalan,” katanya.
Kendati demikian, dia menegaskan, agar dalam persoalan kebersihan lingkungan disetiap daerah dapat teratasi. Hal ini  Seluruh warga yang berada di setiap daerah, dapat ditumbuhkan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan. Hal tersebut dikarenakan potensi banjir, serta bencana alam, tidak dapat dipungkiri disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihannya. “Ini harus ada kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kebersihannya,” ucapnya.
Hal senada dipaparkan, Andri salah seorang aktifis Mahasiswa Karawang, sekaligus tokoh pemuda di wilayah Kosambi, Kecamatan Klari megatakan, Banyaknya TPS liar yang di wilayah Kecamatan Klari, menjadikan keindahan lingkungan diwilayahnya sedikit tercemari. Hal ini dikarenakan banyaknya tumpukan sampah disepanjang jalan Raya Klari, hingga saat ini belum dapat teratasi. "Masih banyak sampah berserakan disepanjang jalan wilayah kami, bagus juga kalau emang adanya desakan adanya regulasi nanti untuk persoalan sampah," paparnya.
Selama ini, sambung dia, belum adanya bentuk regulasi yang diberlakukan di Daerah Kabupaten Kawang, selain rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan. Menjadikan persoalan sampah yang dianggap sederhana, dapatdi soroti dengan serius. "Kalau warga diwilayah ini tidak sadar akan kebersihan dan terus membuang sampah sembarangan, bisa berdampak wilayah ini potensi banjir nantinya," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template