Pawai Obor, Tak Kalah Ramai dengan Tahun Baru Masehi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Pawai Obor, Tak Kalah Ramai dengan Tahun Baru Masehi

Pawai Obor, Tak Kalah Ramai dengan Tahun Baru Masehi

Written By Mang Raka on Senin, 03 Oktober 2016 | 19.07.00

KARAWANG, RAKA - Perayaan tahun baru Islam 1438 Hijriyah di Kabupaten Karawang, ternyata tidak kalah dengan pesta tahun baru masehi. Nyaris di setiap sudut desa hingga perkotaan, warga tumplek ke jalan sambil mebawa obor.
Di Karawang kota misalnya, perayaan dimulai dengan mengaji dan berzikir bersama di Masjid Agung, Sabtu (1/10) malam. Setelah itu, sekitar pukul 19.30 WIB, arak-arakan pawai obor dan drum band serta kendaraan hias yang diikuti 30 kecamatan, mulai mengular dari alun-alun menuju Jalan Kertabumi, dan berakhir di depan gedung Bank Jabar.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dalam sambutannya meminta agar peringatan tahun baru Islam, ini bisa meningkatkan etos kerja dalam membangun Karawang "Momentum tahun baru Islam ini kita bersama-sama membangun Karawang, membangun di segala bidang tidak hanya pembangunan fisik namun pembangunan non fisik" ujarnya.
Sementara di sudut desa Karawang, tepatnya di Desa Cicinde Selatan, Kecamatan Banyusari, kemeriahan sudah dimulai sejak sore. Mulai dari karnaval, tablig akbar dan berujung pada pawai obor. Jumlah pesertanya pun tidak kalah dengan wilayah kota. Sedikitnya jamaah dari sepuluh majelis taklim, dan anak-anak pengajian tumplek di jalanan desa itu.
Kepala Desa Cicinde Selatan, Dasum menyampaikan, perayaan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan introspeksi diri atas amal yang dilakukan sepanjang tahun. Sebagai kepala desa, dirinya akan terus fokus menjalankan tugasnya sebaik mungkin, untuk kemaslahatan umat. "Selama ini saya selalu merealisasikan bantuan dari berbagai sumber, baik dari APBD, bangub (bantuan gubernur) atau bantuan dari pusat, hingga percepatan pembangunan di desa kami bisa terealisasi," ujarnya.
Kemeriahan tahun baru Islam juga terpantau di Kecamatan Telagasari. Sebanyak 4 ribu siswa dari 30 Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah (DTA) ikut serta dalam kegiatan tahunan itu.
Arak-arakan peserta yang didampingi guru DTA dan ibu-ibu majelis taklim, juga tidak kalah seru dengan perkotaan. Rutenya MTs Ghoyatul Jihad hingga halaman kantor Kecamatan Telagasari. Mereka berjalan kaki dengan segudang miniatur bernuansa Arab dan tradisi jawaan, seperti Kakbah, tumpeng, Al Quran berukuran besar, dan becak yang mengangkut siswa berjubah.
Ketua Kelompok Kerja DTA Kecamatan Telagasari, KH Ibnu Hajar AS mengatakan, sudah menjadi agenda rutin setiap tahun, para siswa dan guru DTA menyambut tahun baru hijriyah. Kali ini, selain melibatkan para siswa dari 32 DTA, juga ikut memeriahkan kirab muharaman ini dari SDIT Al Kiffah, ibu-ibu majelis taklim Telagasari, hingga pengurus Tempat Pemakaman Umum (TPU). "Ini inisiatif KKDT saja. Alhamdulillah kirab tahun baru hijriyah ini disambut baik para guru DTA dan masyarakat," ungkapnya.
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Telagasari, KH Muhammad Jufri Assalamie dalam taushiahnya mengatakan, semangat hijrah agar menjadi momen kebangkitan umat Islam, dan semangat juang menegakan agama Allah SWT. Semangat belajar, semangat ikhtiar dan terus berkarya untuk kemajuan daerah, bangsa dan negara. "Selamat tahun baru Islam, semoga  dikaruniakan semangat dan hidayah untuk kita semua," pungkasnya.
Sedangkan di Kecamatan Pangkalan, pawai obor dimulai di pintu utama SMAN 1 Pangkalan dan berakhir di Kantor Kecamatan Pangkalan. Peserta dilepas Camat Pangkalan Usep Supriatna pukul 21.00 WIB, diramaikan ratusan santri dari berbagai pondok pesantren, juga pelajar sekolah baik SLTP maupun SLTA.
Irfan (30), warga Pangkalan mengapresiasi peringatan tahun baru Islam, yang digelar sangat semarak. "Saya lihat antusias kalangan remaja cukup besar," tandasnya. (rud/dri/zie/yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template